Mohon tunggu...
Emillatul majidah
Emillatul majidah Mohon Tunggu... Edukatif

blog pribadi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Program Pendampingan Belajar Online pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang

21 April 2021   09:37 Diperbarui: 21 April 2021   09:53 47 0 0 Mohon Tunggu...

Tidak terasa Pandemi Covid-19 sudah berlangsung satu tahun lebih. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran diharuskan melalui pembelajaran jarak jauh atau online. Maka dari itu kami kelompok pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan IPS Universitas Negeri Malang Kelompok 3 melaksanakan pengabdian masyarakat yang berguna untuk membantu pembelajaran siswa-siswi SMP di Desa Sidodadi dengan cara program pendampingan belajar online. Persiapan pengabdian diawali dengan survei tempat dan berkoordinasi dengan kepala dusun dan desa setempat serta perkenalan kepada siswa-siswi SMP di Desa Sidodadi.
Kegiatan pendampingan belajar online ini fokus pada siswa-siswi SMP di Desa Sidodadi yang kurangnya pendampingan orang tua dan keterbatasan guru dalam melakukan pendampingan belajar selama Pandemi Covid-19. Program pendampingan belajar online ini dilaksanakan kurang lebih tujuh petemuan dalam kurung waktu dua minggu. Mulai dari survei tempat, meminta perizinan tempat kepada kepala desa setempat, serta koordinasi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan kelompok.

Kegiatan pendampingan belajar online dilaksanakan mulai tanggal 27 Maret hingga 4 April 2021 sebanyak tujuh kali pertemuan secara bertahap. Adapun program inti kegiatan yang dilakukan kelompok kami antara lain yaitu perkenalan dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid-19, sosialisasi pentingnya sekolah, pendampingan belajar, permainan dan pelatihan keterampilan, serta kegiatan bersih balai dusun sekaligus penutupan program pendampingan belajar online oleh Kelompok 3.
Harapannya dengan adanya kegiatan pendampingan belajar online ini para siswa-siswi SMP di Desa Sidodadi semangat dalam belajar, serta dapat mengembangkan keterampilan yang kami berikan guna meningkatkan sosial siswa. Harapan panjang kami juga adalah siswa-siswi SMP di desa Sidodadi dapat melanjutkan pendidikannya minimal sampai jenjang SMA atau sejajarnya, serta mereka bisa memahami pentingnya pendidikan guna meningkatkan taraf hidup dan mempersiapkan masa depan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x