KNOWLEDGE-BASED SYSTEM
KBS (knowledge-based system) merupakan "alat bantu" untuk memecahkan persoalan yang mengikuti cara kerja pakar (expert). Penggabungan antara KBS dan DSS (Decision Support System) atau SPK (Sistem Pendukung Keputusan) yang disebut dengan KB-DSS memberi suatu alternatif baru untuk memecahkan persoalan/masalah.
Pengetahuan (knowledge) adalah kemampuan untuk kegiatan yang efektif. Knowledge adalah suatu pengetahuan yang dapat digunakan untuk menyimpulkan, dan menyelesaikan suatu masalah berdasarkan data yang ada. Dalam mengorganisasikan knowledge kita harus mengerti apa yang akan kita hadapi, masalah apa yang akan timbul, bagaimana cara kita memperoleh data, bagaimana urutan-urutan yang harus ditempuh dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut, dan juga bagaimana kita menyampaikannya pada user.
Knowledge Based System adalah suatu system yang menggunakan set pengetahuan (knowledge) yang dikodekan ke bahasa mesin untuk dapat menyimpulkan dan melakukan suatu tugas. Knowledge Based System digunakan untuk dapat membantu manusia dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan berdasarkan atas pengetahuan yang telah diprogramkan ke sistemtersebut. Untuk hal inilah maka digunakan knowledge-based system dalam memecahkan masalah yang berhubungan AI (Artificial Intelligent) atau Kecerdasan Buatan.
Knowledge representation adalah knowledge yang telah dikodekan dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin yaitu bahasa mesin. Kita perlu knowledge representation karena system kita hanya mengenal biner, oleh karena itu harus diterjemahkan dulu.
Knowledge acquisition yaitu bagaimana knowledge tersebut diperoleh, yaitu dari knowledge engineer yang berasal dari seorang expert (di bidang knowledge tersebut) atau dari buku referensi.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI