Mohon tunggu...
Eliza Bhakti
Eliza Bhakti Mohon Tunggu... Insinyur - ASN Kementerian PUPR

Government Officer | Environmental Enthusiast | Writer in progress |

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Membangkitkan Kembali Kejayaan Menara Air Kota

4 Desember 2023   10:30 Diperbarui: 4 Desember 2023   12:11 881
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menara Air Tirtanadi, yang jadi ikon Kota Medan. (Tribun Medan/Aqmarul Akhyar)

Pada beberapa wilayah bekas kotapraja Hindia Belanda, terdapat keunikan desain tata kota yaitu konsep alun-alun. Alun-alun sebagai ruang publik biasanya dikelilingi dengan pasar, masjid, penjara dan pohon beringin, tak jarang dilengkapi dengan menara air. Menara air pada konteks zaman kolonial memiliki 2 peran penting. 

Pertama, menara air sebagai penyimpanan air untuk kereta uap dan sebagai tempat cadangan air penduduk kota. Menara air di dekat stasiun Kereta Api (KA) biasanya menjadi tandon air untuk kereta uap pada abad 19.

Di Manggarai, Jakarta, misalnya, menara air KA masih kokoh berdiri sejak 1917 dengan ciri khas desain kolonial Hindia Belanda.

Menara air KA lain tersebar dari Semarang, Yogyakarta hingga Cirebon. Desain menara air cenderung seragam dengan material dari tulangan beton dengan tinggi di atas 2 meter.

Fungsi menara air kedua sebagai tandon cadangan air bersih. Peninggalan menara air era kolonial masih dapat kita lihat di bekas kotapraja Belanda seperti di Medan dan Makassar.

Menara air memegang peran kunci dalam distribusi pelayanan air minum. Air yang ditampung di menara, kemudian digelontorkan ke pipa transmisi utama hingga ke konsumen. Selain sebagai penampungan, menara air berfungsi sebagai distribusi pelayanan dan menstabilkan tekanan air.

Menara Air Tirta Nadi Medan (Merdeka.com)
Menara Air Tirta Nadi Medan (Merdeka.com)
Menara air juga berfungsi sebagai reservoir penyeimbang. Insinyur-insinyur Belanda membangun menara air untuk menambah tekanan air saat distribusi dan penyimpanan air.

Sayangnya, beberapa menara air peninggalan kolonial kini terbengkalai dimakan zaman dan tak lagi digunakan.

Menara Air Peninggalan Kolonial

Di mancanegara, menara air kerap dijadikan ikon kota misalnya menara air dengan desain Route 66 di Amerika Serikat yang menjadi center of attention di beberapa film Hollywood.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun