Mohon tunggu...
Ely Widayati
Ely Widayati Mohon Tunggu... Guru - Pemerhati sosial pendidikan

Seorang guru dan mengurus rumah tangga. Telah menjadi guru selama kurang lebih 17 tahun di sebuah madrasah sampai sekarang. Tidak lepas dari kegiatan membaca dan menulis dan membuat karya tulisan maupun rekaman video. Pernah menjadi Runner up guru berprestasi tingkat nasional untuk kategori guru MTs.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peserta Kampung Inggris Jogja dari Matsanaba Dapat Sertifikat

29 September 2022   12:38 Diperbarui: 29 September 2022   12:55 99 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengutip dari kompasiana bahwa Bahasa Inggris adalah keterampilan penting yang harus dipelajari semua orang. Hal ini benar karena pengajaran bahasa Inggris telah diterapkan di semua jenjang pendidikan sejak sekolah dasar. Sudah menjadi kebiasaan bagi orang untuk berbicara bahasa Inggris sejak kecil hingga dewasa. 

Bahasa Inggris juga akan membantu dalam karir masa depan. Dalam dunia inovasi dan teknologi saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang penting.

Selain itu, berdasarkan Undang-Undang No. 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan; setiap warga negara Indonesia diperintahkan untuk menguasai bahasa asing tanpa mengurangi rasa nasionalisme karena bahasa Indonesia diharapkan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri. 

Undang-undang tersebut dengan jelas menuntut warga Indonesia untuk bisa menguasai skill berbahasa asing, dalam hal ini salah satunya adalah bahasa Inggris. Tujuannya adalah agar bangsa Indonesia mampu menjalin hubungan bilateral dengan bangsa lain secara afektif dan asertif, serta mampu bersaing di kancah internasional.

MTsN 6 Bantul bekerjasama dengan Kampung Inggris Jogja telah selesai melaksanakan program full day English selama enam hari. Pada  apel pagi Senin 26/09/22 petugas pembawa acara mengarahkan sebuah kegiatan berupa pembagian sertifikat pelatihan selama seminggu bagi delapan siswa MTsN 6 Bantul yang telah mengikuti kegiatan di Kampung Inggris Jogja. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala Madrasah Mafrudah menyapa peserta apel dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Kepala Madrasah Mafrudah memberikan motovasi kepada para alumni Kampung Inggris Jogja untuk menjadi pionir dalam kegiatan literasi berbahasa terutama Bahasa Inggris. "Beranilah untuk berbicara Bahasa Inggris, jangan takut salah karena kepiawaian butuh latihan yang terus menerus", tambah Mafrudah.

Selanjutnya secara bergiliran sertifikat dari Kampung Inggris Jogja diberikan kepada delapan peserta yang selama tujuh hari tinggal di asrama Kampung Inggris. 

Masing-masing penerima sertifikat tersebut adalah, Fardan Chandra, Guntur Khoidir Putra, Muhammad Fauzan, Muhammad Rasyid Ataya, Nihlatul Khonani, Michele Macca Bivinka, Nadine Nazhwa Laquisha, dan Sagita Lidya Putri. Usai menerima, mereka kemudian secara bergantian memberikan kesan dan pesan selama mengikuti pelathan full day English di depan ratusan teman-temannnya dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Harapanya mereka yang telah mengikuti pembelajaran khusus Bahasa Inggris dapat menjadi pelopor berbahasa Inggris. Setidaknya para siswa yang sebagaian besar tergabung dalam English Morning Club di MTsN 6 Bantul itu menjadi garda depan dalam setiap event berbahasa asing terutama Bahasa Inggris.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan