Mohon tunggu...
Ely Widayati
Ely Widayati Mohon Tunggu... Guru - Pemerhati sosial pendidikan

Seorang guru dan mengurus rumah tangga. Telah menjadi guru selama kurang lebih 17 tahun di sebuah madrasah sampai sekarang. Tidak lepas dari kegiatan membaca dan menulis dan membuat karya tulisan maupun rekaman video. Pernah menjadi Runner up guru berprestasi tingkat nasional untuk kategori guru MTs.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Telemeeting Alternatif Handal dalam Rapat Tanpa Batas

14 Juli 2022   05:05 Diperbarui: 14 Juli 2022   05:08 40 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menukil dari portal joe.org, teleconference adalah komunikasi kelompok interaktif (tiga orang atau lebih di dua lokasi atau lebih) melalui media elektronik. 

Secara umum, teleconference dapat menyatukan orang dalam satu atap meskipun terpisah ratusan mil. Teleconference biasanya bersifat bisnis dan memerlukan fasilitator atau pemimpin untuk memimpin rapat. Mereka berguna untuk perusahaan yang beroperasi di banyak lokasi atau di berbagai negara dimana tidak semua anggotanya dapat hadir secara fisik di lokasi yang sama.

Seorang laki-laki dengan suara agak parau memulai salam setelah perangkat laptop terkoneksi internet. Ya dia adalah pewara dari MTsN 6 Bantul mencoba lagi untuk mengecek suara yang muncul dilayar sebuah aplikasi untuk pertemuan jarak jauh (11/07/22).

Persiapan pun dilakukan mulai dari pengecekan jaringan internet, menghubungkan perangkat laptop dengan internet, membuka room untuk rapat jarak jauh melalui aplikasi zoom meeting, mengecek suara, memastikan suara dari luar bisa terdengar jelas. Untuk memastikan suara bisa masuk dan video bisa jelas terlihat oleh para audience, perangkat audio berupa kabel  internal audio yang dihubungkan dengan speaker. Dan laptop yang terkoneksi dengan LCD dipastikan muncul gambar videonya.

Sejak pandemi sampai saat ini media teleconference menjadi alat koordinasi yang handal. Koordinasi kali ini, Kepala Madrasah Mafrudah sedang berada di Balai Diklat Keagamaan Semarang untuk suatu tugas.

Rapat koordinasi tanpa mengenal batas geografis dimulai seperti biasanya mulai dari pembukaan oleh pewara, lalu sambutan dari kepala madrasah melalui video telemarketing, sambutan dari kepala tata usaha, diskusi, lain- lain dan penutup.

Kepala madrasah Mafrudah melalui telemeeting mengucapkan sapaan hangatnya kepada guru dan pegawai yang hadir pagi itu.

Suara riuhpun pecah dibarengi tepuk Sorai di ruang dilantai dua ketika kepala madrasah menunjuk seorang guru untuk menjadi koordinator sebuah kegiatan. Telemeeting tidak menghalangi peserta rapat untuk berdiskusi dengan dibumbui situasi yang santai namun cukup serius itu. 

Rapat jarak jauh antara para guru dan pegawai yang berada di madrasah dan kepala madrasah yang berada di luar daerah pun berjalan dengan relatif mulus. Walaupun sempat mengalami sedikit kendala teknis dan jaringan yang timbul tenggelam, walhasil telemeeting pun menghasilkan sebuah keputusan final. 

"Tugas dan tanggung jawab bapak ibu guru agar dilakoni dengan semangat baru menuju madrasah mandiri berprestasi berkelas dunia", ungkap Mafrudah dalam telemeeting yang terdengar memenuhi ruangan bernuansa biru itu.

Awal tahun ajaran baru 2022/2023 diinisiasi dengan perubahan pembagian tugas oleh wakil kepala urusan kurikulum Rina Harwati. Bermusyawah jarak jauh identik dengan peralatan nirkabel tidak menjadikan halangan dalam memajukan lembaga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan