Mohon tunggu...
Elyshabet Sekar
Elyshabet Sekar Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Media

Apakah Okezone.com Menerapkan Karakteristik Media Baru? Ini Penjelasannya!

18 Oktober 2020   22:36 Diperbarui: 26 Oktober 2020   00:22 104 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Okezone.com Menerapkan Karakteristik Media Baru? Ini Penjelasannya!
Halaman Utama Okezone.com (dokpri)

Okezone.com merupakan Portal Berita Online yang Menduduki Peringkat Pertama di Indonesia menurut Alexa  pada tanggal 18 Oktober 2020. Apakah okezone.com sudah menerapkan enam karakteristik media baru, digital, hipertekstual, interaktivitas, virtual, jaringan, dan simulasi? Bagaimana okezone.com menerapkan karakteristik media baru tersebut? Simak penjelasan berikut ini!

Perkembangan teknologi tidak bisa dihindari lagi dan telah mempengaruhi berbagai media yang ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Informasi dan komunikasi semakin mudah untuk dilakukan dimana saja, kapan saja dengan murah dan mudah. Bisa dikatakan bahwa masyarakat kebanjiran informasi karena banyaknya portal berita yang menyajikan sebuah informasi. Selain itu, masyarakat bisa menjadi sumber informasi dan disebarkan melalui media sosial. Gaya hidup masyarakat telah berubah drastis dengan munculnya internet. Sebelum munculnya internet, masyarakat mencari informasi dengan cara membaca surat kabar. 

Masyarakat sudah banyak yang menggunakan gadget untuk melakukan komunikasi dan mencari informasi. Hal tersebut membuat media konvensional melakukan inovasi dengan menggunakan media digital dalam menyebarkan berita. Penggunaan media digital dilakukan agar dapat meningkatkan jangkauan atau memperluas target konsumen.  

Menurut Lister, Martin dkk terdapat enam karakteristik media baru, yaitu digital, hipertekstual, interaktifitas, virtual, jaringan, dan simulasi.

Dilansir dari alexa.com top site di Indonesia pada tanggal 18 Oktober 2020, Okezone.com berada di urutan yang paling atas, dan disusul dengan Google, lalu Tribunnews.com. Okezone.com juga sudah terdaftar di daftar perusahaan pers dari Dewan Pers. Apakah Okezone.com yang menjadi peringkat pertama sudah menerapkan enam karakteristik media baru? Yuk simak penjelasan berikut ini!

www.okezone.com

Di lansir dari okezone.com, okezone.com adalah portal berita yang memiliki beragam konten seperti berita umum, politik, peristiwa, internasional, ekonomi, lifesyle, selebriti, sports, bola, auto, teknologi, travel, food, haji, dan muslim.

Portal berita okezone.com resmi diluncurkan (Commercial Launch) pada tanggal 1 Maret 2007 . Portal ini milik PT Media Nusantara Citra Tbk yang juga mempunyai beberapa bisnis di bidang media lainnya seperti TV, media cetak, dan juga radio.  

Bagaimana okezone.com menerapkan Karakteristik Media Baru?

  • Digital

Menurut Lister, digital merupakan sebuah proses data yang di konversi menjadi angka. Data yang sudah diolah akan menghasilkan suatu produk. Dalam portal berita okezone.com, kita dapat mengaksesnya melalui smatphone atau laptop untuk melihat konten yang berupa teks, gambar maupun video.

Terdapat fitur okevideo dan okefoto untuk pengguna yang ingin mencari informasi melalui konten foto atau video saja.  Okezone.com mengelompok kan berita berdasarkan temanya, yaitu  politik, peristiwa, internasional, ekonomi, lifesyle, selebriti, sports, bola, auto, teknologi, travel, food, haji, dan muslim. Pembaca dapat memilih berbagai konten sesuai dengan kebutuhan atau informasi yang ingin dicari.

 Halaman Okefoto
 Halaman Okefoto

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x