Mohon tunggu...
Elyshabet AyuSekar
Elyshabet AyuSekar Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Media

Yuk, Kenali Karakteristik Media Baru

25 Agustus 2019   18:43 Diperbarui: 30 Agustus 2019   12:16 0 0 0 Mohon Tunggu...
Yuk, Kenali Karakteristik Media Baru
Sumber : Isha Sharma

Media baru dengan dukungan teknologi yang maju sebagai media komunikasi yang canggih, cepat, murah dan mudah. 

Jika kita mendengar kata media, biasanya di dalam pikiran kita media adalah televisi, radio, koran, mapun sesuatu yang dapat menyalurkan pesan. Media baru muncul pada tahun 1980-an, pada tahun tersebut ada perubahan dalam dunia media. Media baru berpengaruh pada perubahan sosial, ekonomi dan budaya yang lebih luas. 

Media baru terdiri dari dua kata, yaitu baru yang berarti baru melahirkan sebuah ideologis baru, kata baru juga merujuk kepada orang-orang yang berpikir maju. Sedangkan media yang berarti medium/perantara. Media baru menurut pandangan orang-orang biasanya tertuju pada internet atau teknologi, namun istilah media digital lebih disukai oleh sebagian orang.

Berikut perubahan budaya yang berhubungan dengan media baru/new media :

Suatu perubahan dari modernitas ke postmodernitas.

Mengintensifkan proses globalisasi.

Pengganti, di Barat, dari era industri manufaktur ke post industri informasi.

Decentring yang berdiri, berpusat pada perintah.

Media baru ini tidak menghapus media yang sebelumnya pernah ada, namun media baru ini mengembangkan media yang lebih dulu ada dengan bantuan teknologi yang semakin maju. Dalam media baru, terdapat perbedaan dari beberapa elemen. 

Mulai dari bentuk teks yang berubah menjadi, hiburan, serta pola konsumi sebuah media yang baru. Komunikasi lebih mudah menggunakan media baru, dan tidak terbatas akan ruang dan waktu. Media baru berkembang pesat seiring berkembangnya terknologi. 

Di era media baru ini komunikasi dapat terjadi dengan perantara/medium komputer, seperti blog, email, dan masih banyak lagi komunikasi yang bisa dilakukan dengan medium komputer. Terdapat cara baru dalam berkomunikasi, kita dapat berbagi informasi maupun mencari informasi yang kita butuhkan.

6 karakteristik media baru menurut Lister, dkk (2009:16-44), yaitu:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x