Mohon tunggu...
Elysa NurCahyani
Elysa NurCahyani Mohon Tunggu... Hoteliers - Tourism Student

Hi, Im part of self-love enthusiat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2020: Pendampingan Pembelajaran Daring di SDN PELITA 169 saat Pandemi

23 September 2021   15:00 Diperbarui: 23 September 2021   15:02 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Covid-19 di Indonesia saat ini sangat berdampak pada seluruh aspek kehidupan, diantaranya pada bidang ekonomi dan bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan di Indonesia tanggal 24 Maret 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan kebijakan mengenai Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 yang menjelaskan bahwa poses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran jarak jauh/daring.


Dengan kondisi seperti ini, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring. Tema yang diambil oleh Universitas Pendidikan Indonesia yaitu "Mengembangkan Literasi (Baca tulis, numerisasi, sains, digital, finansial, budaya, dan kewargaan) dan rekognisi merdeka belajar kampus merdeka – Pusat Prestasi Nasional". Kegiatan KKN kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena KKN saat ini dilakukan secara individu atau dalam kelompok terbatas sesuai dengan wilayah tempat tinggal mahasiswa. KKN Tematik MDBPE-MBKM yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia terbagi kedalam tujuh bidang yaitu bidang Baca tulis, numerisasi, sains, digital, finansial, budaya, dan kewargaan.


Salah seorang mahasiswi Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata di Universitas Pendidikan Indonesia yaitu Elysa Nur Cahyani dan merupakan salah satu perserta KKN Tematik UPI MDBPE-MBKM Semester Genap 2020/2021 yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan Askolani, SE,. MM. mengambil fokus utama yaitu membangun masyarakat melalui bidang literasi baca tulis, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan secara daring. Elysa melaksanakan kegiatan KKN di SDN PELITA 169 yang bertempat di Cibiru.


Dalam program KKN dalam bidang literasi baca tuis secara daring ini Elysa mengambil sasaran 3 orang guru (Guru kelas 5A,5B, dan 5C), 20 siswa/siswi, dan 20 orang tua siswa. Kegiatan KKN ini dilaksanakan dalam bentuk penguatan dan pendampingan kegiatan pembelajaran. 

Kegiatan penguatan pembelajaran yang dilakukan diantaranya berdiskusi dengan guru mengenai kegiatan pembelajaran daring yang telah dilakukan oleh SDN PELITA 169 di semester yang lalu, membantu membuat media pembelajaran yang bertujuan agar siswa tidak jenuh saat belajar daring, membantu administrasi sekolah, membuat poster untuk penerimaan siswa baru tahun 2021/2022, membuat perpustakaan digital, dan membuat e-flyer edukasi mengenai pencegahan hoax dimasa pandemi dan tips-tips bagi para orangtua dan siswa.


Kegiatan pendampingan orang tua dilaksanakan dengan memanfaatkan fitur WhatsApp. Melalui chat WhatsApp, mahasiswa memberikan pendampingan mengenai cara orang tua dalam mendampingi anak saat pembelajaran jarak jauh dengan memberikan suatu pembelajaran agar anak tidak jenuh saat belajar.Selain itu juga, Elysa membuat perpustakaan digital dimana berisi bukubuku non pendidikan untuk siswa dan juga untuk orang tua siswa. 

Motivasi dari orang tua sangat berharga bagi anak karena peran orang tua sangat penting dalam mendampingi anak saat pembelajaran jarak jauh. Untuk itu diadakan pendampingan kepada orangtua untuk mengingatkan pentingnya orangtua dalam memberikan motivasi dan semangat kepada anak.


Adapun kegiatan penguatan pembelajaran daring diberikan kepada guru melalui fitur WhatsApp, dengan membuat video cara membuat link Zoom Meeting dan cara menggunakannya. Diharapkan para guru dapat lebih mudah dalam proses mengajar secara daring, dan agar dapat membeikan efektifitas dalam penyampaian materi kepada siswa.


Selain itu, untuk sasaran masyarakat Elysa membuat grup Whatsapp bersama Karang Taruna di Daerah Cibiru. Elysa membuat e-flyer cara mencegah hoax, kemudian disebarkan kepada masyarakat melalui Instagram dan Whatsapp grup. Hal tersebut mempunyai respon yang cukup positif. Dengan dibuatnya e-flyer, masyarakat juga tidak bosan untuk membaca dikarenakan informasinya disugukan dalam bentuk gambar dan kata-kata.


Ditengah keterbatasan selama pandemi ini, diharapkan dengan adanya program KKN yang dilakukan oleh para mahasiswa UPI untuk membangun desa melalui bidang pendidikan dan ekonomi dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar dan dapat memberikan kesan yang positif dengan adanya KKN UPI 2021 ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun