Mohon tunggu...
Elsa Annisa
Elsa Annisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Pemasaran Pariwisata

Tourism Student'17 | instagram.com/echannisa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendampingan Pembelajaran Daring Siswa Menjadi Program dalam KKN Tematik PPD Covid-19

9 Maret 2021   14:00 Diperbarui: 9 Maret 2021   14:13 77 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sekitar lebih dari 1 Tahun yang lalu, tepatnya 17 November 2019, seseorang dari provinsi Hubei, China, diduga menjadi orang pertama yang tertular COVID-19. Sebuah Pandemi yang ditimbulkan oleh virus Corona yang kini telah menyebar ke seluruh dunia. Terhitung pada hari ini, sudah setahun lebih Covid-19 menyerang seluruh dunia, dan terkhusus pada kasus Covid-19 di Indonesia pun merasakan dampaknya pada berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. Kasus Covid-19 cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu dengan jumlah yang makin banyak setiap harinya. Maka dari itu, Pemerintah membuat kebijakan dalam upaya untuk mengurangi dan meminimalisir persebaran dan dampak dari Covid-19 ini. 

Salah satunya adalah dengan menutup sekolah, perguruan tinggi, dan universitas sebagai langkah antisipasi. Pemerintah memustuskan untuk seluruh pelajar ataupun Mahasiswa di Indonesia belajar dirumah atau belajar online ( belajar daring menggunakan video cofference via zoom dan sejenisnya) untuk menghindari penyebaran dan dampak dari Covid-19 yang secara efektif mulai diberlakukan sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini.

Jika dirinci, maka akan banyak yang berubah dalam aspek pelaksanaan kegiatan belajar mengajar diseluruh jenjang pendidikan selama masa Pandemi ini. Setidaknya ada beberapa keluhan yang dirasakan masyarakat dalam pelaksanaan pembelajaraan di era Pandemi seperti sulitnya sarana untuk mengakses pembelajaran secara daring, data selular yang digunakan cenderung boros dan tidak murah dari segi harga, suasana belajar yang tidak kondusif karena dilaksanakan di tempat yang belum tentu menunjang untuk pembelajaran, maupun kuatnya pengaruh-pengaruh yang membuat seseorang menjadi terdistraksi dalam pembelajaran yang sedang di ikuti.

Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) selaku salah satu kampus pelopor pendidikan di Indonesia tentu terdampak karena Pandemi ini. Salah satunya adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) yang dilaksanakan tidak sama seperti tahun -- tahun sebelumnya. Mahasiswa semester 8 yang mengikuti program KKN ( Kuliah Kerja Nyata) di Universitas Pendidikan Indonesia menjalani KKN secara daring dengan Tema Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulagan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN Tematik PPD Covid-19) yang berfokus pada bidang Pendidikan. KKN Tematik ini dimulai secara efektif 4 Februari - 13Maret 2021 yang diselenggarakan di sekitar tempat tinggal mahasiswa. Saya sendiri sebagai mahasiswa semester 8 di Universitas Pendidikan Indonesia Prodi Manajmen Pemasaran Pariwisata melaksanakan kegiatan KKN Tematik ini dengan beragam kegiatan seperti membantu guru SMA, Pendampingan kepada siswa dan orangtua siswa melalui daring menggunakan Zoom Cofference dan aplikasi Whatsapp yang tujuannya agar lancarnya proses pembelajaran, Kegiatan pendampingan guru dalam beberapa mata pelajaran membuat program ajar untuk siswa, membantu administrasi sekolah, dan kegiatan lainnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan KKN ( Kuliah Kerja Nyata) di Universitas Pendidikan Indonesia menjalani KKN secara daring dengan Tema Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulagan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN Tematik PPD Covid-19) yang berfokus pada bidang Pendidikan. Maka besar harapan saya dan khususnya seluruh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia agar program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak dalam menghadapi perubahan yang terjadi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan