Mohon tunggu...
Elsa Ajarwati
Elsa Ajarwati Mohon Tunggu... Student

Currently pursuing Bachelor of Business Administration at Universitas Indonesia. Loves creative marketing. Cares about education and environment.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pengembangan Bisnis Joolyd, Multifunction Makeup Stick

30 Mei 2019   00:05 Diperbarui: 30 Mei 2019   01:43 222 0 0 Mohon Tunggu...

Latar belakang

Berkembangnya teknologi informasi memudahkan kita untuk memperoleh berbagai informasi, terutama bagi kaum millennial. Banyak hal di dunia maya yang dengan mudah menjadi trend, salah satu yang sedang berkembang pesat adalah trend kecantikan millennial. 

Perkembangan industri kecantikan di Indonesia yang pesat dipengaruhi juga oleh permintaan produk yang meningkat baik dari kalangan millennial maupun Gen Z dan generasi yang lebih tua pun kini semakin fasih dalam menggunakan teknologi e-commerce. Perkembangan industri ini mendorong munculnya banyak produk kosmetik dan brand baru yang menawarkan beragam produk inovatif. Selain teknologi, perkembangan dan hal-hal baru dalam industri kecantikan juga dipengaruhi oleh target pelanggan yang sebagian di antaranya adalah generasi millennial.

Peluang bisnis

Generasi millennial (dan Generasi Z) cenderung menyukai segala sesuatu yang praktis dan instan, termasuk juga dalam urusan kosmetik. Kebiasaan baru yang sedang disukai oleh millennial dan Generasi Z adalah menggunakan kosmetik yang multifungsi dan praktis. Trend ini mendorong pelaku usaha industri kosmetik untuk menciptakan inovasi. Hingga saat ini, sudah ada beberapa produk inovatif yang berupa skin care multifungsi, makeup multifungsi, hingga gabungan antara makeup dan skin care dalam satu produk. 

Beberapa contoh produk multifungsi yang banyak diminati adalah tinted moisturizer, BB cream, multipurpose oil/balm, hingga eye, lip & cheek makeup. Namun demikian, produk makeup multifungsi yang tersedia saat ini terbatas pada beberapa fungsi saja, rata-rata fungsi yang dimiliki ada tiga hingga empat fungsi. Hal inilah yang menjadi inspirasi Joolyd untuk menciptakan produk makeup yang memiliki fungsi lengkap untuk makeup. Joolyd adalah produk makeup yang berbentuk seperti pensil yang terbagi atas beberapa potongan yang dapat dibongkar pasang. Beberapa bagian tersebut akan diisi oleh berbagai jenis makeup berbentuk stik seperti lip & cheek crayon, highlighter, browcara, dan concealer.

Hambatan yang mungkin akan muncul

Hambatan dalam melakukan pengembangan bisnis ini adalah bagaimana menemukan rumah produksi yang tepat untuk membuat produk yang bebar-benar baru ini agar kualitasnya sesuai keinginan pasar.

Key activities

  • Produksi: kegiatan utama yang akan dilakukan tentunya adalah memproduksi pensil makeup multifungsi Joolyd. Adapun yang akan menjadi rumah produksi adalah pengrajin yang biasa membuat produk botol minum.

  • Pemasaran: tahap selanjutnya adalah melakukan pemasaran di berbagai saluran baik online maupun offline. Di saluran online, Joolyd akan memasarkan produk melalui Instagram, Twitter, dan YouTube. Sementara untuk pemasaran offline, joolyd akan melakukan cosignment dengan toko dan kafe lokal di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Pekanbaru. Kami juga akan bergabung dalam beberapa komunitas sebagai upaya community building.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5
    VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x