Mohon tunggu...
Elok Faiqoh
Elok Faiqoh Mohon Tunggu... ELOKEF

Jangan membandingkan hidupmu dengan orang lain, tidak ada perbandingan antara matahari dan bulan, mereka akan bersinar saat waktunya tiba.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pengertian, Objek, Problem, Fungsi, Arah, dan Manfaat Filsafat

10 Oktober 2019   12:43 Diperbarui: 10 Oktober 2019   12:53 0 0 0 Mohon Tunggu...

1).filsafat ilmu: adalah segala studi yang membahas segala fenomena yang ada dalam kehidupan dan penukaran manusia secara kritis dan skeptis dengan mendalami sebab-sebab mendasar.

2).objek filsafat:-material hal tau bahan yang diselidiki (hal yang dijadikan sasaran penyelidikan) atau segala sesuatu yang ada disini mempunyai tiga pengertian yaitu ada dalam kenyataan,pikiran,dan kemungkinan.

-objek formal bisa disebut(sudut pandang) dari mana sang subjek menelaah 0bjek materialnya. misalnya objek "manusia" yang dapat ditinjau dari berbagi sudut pandang, di antaranya psikologi.

3).problem filsafat: epistimologi yaitu segenap proses ang terlibat dalam usaha  untuk memperoleh pengetahuan, dengan kata lain epistimologi adalah suatu teori pengetahuan berkaitan dengan pemilihan dan kesesuaian antara realisme atas pengetahuan. tentang proposi konsep-konsep,kepercayaan,dan sebagainya logika dalam arti tertentu masuk dalam landasan epistimologi ini.

4).Fungsi filsafat ilmu:

 -sebagai alat mencari kebenaran dari segala fenomena yang ada.

-memberikan pengertian tentang cara hidup dan pandangan hidup.

5).manfaat belajar filsafat yaitu mampu menyelesaikan masalah  dalam kehidupan yang namanya masalah tentu akan selalu ada. dan untuk menghadapi masalah memerlukan ketenangan lahir dan batin. sehingga hasil yang didapat tidak di sesali kemudian hari.