Mohon tunggu...
Fitri Syayidah Elok Faiqoh
Fitri Syayidah Elok Faiqoh Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wife, Mom, Writer

Be Your Self

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Adik Saya Anak SD

13 November 2018   13:38 Diperbarui: 13 November 2018   13:41 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Namanya Dimas Agung Rahmadi, ia masih bersekolah di bangku Sekolah Dasar atau SD, dia anak terakhir dari bertiga saudara. Bisa dibilang ia pemalasa dan manja, ibu sayapun juga mengakuinya, sebenarnya kalau diapahami, seringkali saya memahami adik saya yang terakhir ini bahwa dia bukan anak pemalas, kalau di dukung dengan janji-janji yang kita buat, misalnya: dimas harus mengerjakan pr nanti tak kasih uang, namun saya terkadang masih bingung bagaimana cara asuh agar dia tidak seperti itu lagi, malas dan manja, dia juga pemilih, tapi dia berjiwa sosial.

Terkadang ibu saya sampai gemas karna si dimas tidak mau menuruti kata ibu saya, akhirnya ibu saya diam setelah memberi nasehat baik-baik, terkadang ibu juga terlalu memanjakan, karna sejak kecil beli ini itu selalu dituruti.

Saya sebagai kakak mencari cara agar ibu tidak terlalu menuruti apa permintaan adik saya, meskipun akhirnya adik saya akan ngambek, nah lalu bagaimana menangani pola asuh anak usia SD yang baik?

1. Ajarkan Sopan Santun

Yang ibu saya lakukan adalah mengajarinya sopan santun, mendidik sejak dini mungkin karena sopan santun dalam dunia sosial juga sangat penting.

2. Beri pemahaman

Semisal ibu saya sudah gemas dengan sikap dan sifatnya, ibu saya memberi nasehat-nasehat sebaik mungkin, dan tidak pakek nada tinggi atau marah-marah.

3. Pahami hobi

Karena adik saya suka elektronik, ibu saya seringkali memuji dan mendukung apa yang adik saya sukai selama hal itu bermanfaat dan positif.

4. Beri dukungan

Jika mempunyai hobi tertentu, orang tua seharusnya mendukung semaksimal mungkin, untuk menumbuhkan rasa percaya anak bahwa ia bisa dan mampu melakukannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun