Profil pelajar pancasila mengajarkan kita untuk membangun jiwa raga anak-anak di sekolah. Selama ini boleh dibilang jiwanya anak-anak belum banyak yang tersentuh. Akan tetapi dengan penerapan profil Pelajar  Pancasila maka jiwa raga anak-anak bisa dibina. Banyaknya jam yang bisa diterapkan di sekolah membuat guru dan siswa merdeka untuk berinovasi.
Membangun jiwa anak-anak, bisa melalui pembelajaran agama, praktek ibadah, Â penerapan teladan yang baik melalui Akhlaqul Karimah, pemberian contoh yang baik bagi guru-guru, baik itu melalui perbuatan, perkataan dan tingkah laku.
Membangun raganya, bisa melalui pembelajaran yang dilakukan dengan penerapan proyek. Guru bisa mengajak dan membimbing siswa untuk membuat sesuatu yang bernilai manfaat dan juga ekonomis. Dengan mengajarkan berbagai keterampilan kepada siswa, maka berati kita sudah membina raganya.Â
Siswa bisa berkarya dengan bebas. Mengembangkan kreativitasnya melalui berbagai pelajaran yang berbazis proyek. Seperti membuat masakan khas daerah. Membuat kerajinan khas daerah. Menampilkan kesenian tradisional daerah dan lain-lain. Dengan pembelajaran ini anak-anak akan kreatif, mandiri dan inovatif.