Mohon tunggu...
Elmi Safridati
Elmi Safridati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis adalah hobi yang tak bisa dipungkiri. Semoga apa yang tertulis bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Membentuk Generasi Penerus Bangsa

24 September 2023   21:15 Diperbarui: 24 September 2023   21:18 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan karakter merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam membentuk generasi penerus bangsa. 

Tanpa memiliki moral, etika, dan nilai-nilai positif, maka suatu bangsa akan kacau balau. Kita bisa bayangkan jika penduduk suatu bangsa tidak saling menghormati, tidak saling menghargai, semua pada tindas menindas, saling ejek dan cemooh. Tentunya suatu bangsa itu akan ribut setiap detik.

Jika ini terjadi jelas pertumpahan darah akan terjadi di mana - mana. Yang kaya akan lebih berkuasa, berbuat seenak hatinya tanpa mau menghargai si miskin. Kata-kata hinaan pastinya akan berserakan di mana-mana, yang membuat telinga panas dan akhirnya akan terjadilah adu jotos. 

Oleh sebab itu sangat penting adanya pendidikan karakter bagi suatu bangsa. Yang mana pendidikan karakter ini bukan hanya mencakup pembelajaran materi akademik saja, akan tetapi juga melibatkan pembentukan sikap, kepribadian, dan perilaku individu dalam dunia nyata.

Pentingnya pendidikan karakter dibutuhkan untuk mencegah dan mengurangi berbagai masalah sosial yang sering terjadi di masyarakat, seperti kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, kekerasan, dan lain sebagainya. 

Melalui pendidikan karakter, individu akan dibimbung untuk memiliki kebiasaan baik dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, orang lain, dan lingkungannya di mana saja ia berada. 

Pendidikan karakter akan melahirkan kebiasaan - kebiasaan baik. Baik terhadap diri sendiri, sesama manusia maupun terhadap makhluk lainnya. Seperti binatang, hewan, tumbuhan dan lainnya.

Pendidikan karakter juga memiliki peran penting dalam membentuk nilai-nilai yang berkaitan dengan kejujuran, kesetiaan, kerja keras, disiplin, dan rasa empati terhadap sesama dan juga terhadap makhluk lainnya. 

Dengan adanya pendidikan karakter, individu akan memiliki pandangan hidup yang lebih positif dan memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap sesama makhluk Tuhan.

Selain itu, pendidikan karakter juga membantu individu untuk memahami budaya, nilai-nilai tradisional, dan menghargai perbedaan. 

Generasi penerus yang terdidik secara karakter akan mampu menghargai keberagaman dan mampu hidup berdampingan dengan individu lain yang memiliki latar belakang budaya, agama, adat istiadat yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun