Mohon tunggu...
Elly Widyo
Elly Widyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Human Being

Mindset is everything

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Untag 2021: Peningkatan Perekonomian dengan Pengembangan Produk dan Edukasi Pemasaran Digital melalui E-Commerce

30 Mei 2021   15:58 Diperbarui: 1 Juni 2021   08:25 556
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembagian Buku Panduan (Dok.Pribadi)

Dalam situasi pandemi Covid-19, mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya diminta untuk tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara mandiri di lingkungan tempat tinggal (domisili) masing-masing. Ibu Sayidah Aulia Ul Haque S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku dosen pembimbing lapangan menekankan bahwa program KKN yang dibuat harus bisa memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat di era New Normal.

Elly Widyowati salah satu mahasiswa UNTAG atau yang lebih dikenal sebagai Kampus Merah Putih (http://www.untag-sby.ac.id/) memilih program berupa peningkatan perekonomian melalui pengembangan produk corndog frozen serta strategi perluasan pasar melalui edukasi digital marketing dan pemanfaatan e-commerce. 

Program KKN pengembangan produk corndog frozen berkerja sama dengan salah satu UMKM yang berada di RT.004/RW.002 Desa Sukowinangun Magetan. Kegiatan yang dilakukan mulai dari proses pembuatan corndog frozen, edukasi pembuatan logo, packaging dan banner serta pemasaran melalui e-commerce. Corndog merupakan jajanan kekinian yang saat ini cukup digemari khususnya oleh anak muda karena rasanya yang enak dan cukup mengenyangkan. Inovasi pengembangan jajanan corndog sekali makan menjadi frozen bertujuan untuk meningkatkan daya tahan produk sehingga dapat dipasarkan ke daerah-daerah lain dengan memanfaatkan platform pemasaran online.

Buku Panduan (Dok.Pribadi)
Buku Panduan (Dok.Pribadi)
Selanjutnya program edukasi digital marketing dilakukan dengan membagikan buku panduan dasar digital marketing yang menjelaskan dasar-dasar pemasaran digital hingga langkah-langkah untuk memulai memasarkan produk para pelaku UMKM melalui platform pemasaran online (e-commerce).

Dalam melakukan program KKN, penerapan protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan diterapkan dengan ketat.

Adanya pandemi Covid-19 ini menyebabkan berbagai dampak, salah satunya kelesuan ekonomi bagi pelaku UMKM. “Pelanggan corndog kebanyakan anak-anak sekolah atau anak-anak kecil di sekitar rumah, tapi semenjak pandemi penjualan corndog menjadi sepi” papar Ibu Heni selaku penjual corndog di Desa Sukowinangun, Magetan, Minggu (16/05/2021).

Dengan adanya edukasi ini diharapkan Ibu Heni dan pelaku UMKM lainnya di Desa Sukowinangun mampu memperluas pemasaran produknya dengan memanfaatkan platform e-commerce yang selanjutnya dapat meningkatkan pendapatan. “Kepinginnya jajanan corndog yang saya jual lebih banyak yang beli, tidak hanya pelanggan di sekitar rumah (desa) tapi juga luar daerah” tambah Ibu Heni, Magetan, Minggu (16/05/2021).

Di hari terakhir pelaksanaan program KKN dilakukan pembagian bingkisan yang berisi buku panduan digital marketing, masker dan handsanitizer kepada pelaku UMKM di Desa Sukowinangun. Hal tersebut bertujuan untuk mengedukasi melalui buku panduan dan juga sebagai  bentuk pengingat sekaligus ajakan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan saat berjualan/berdagang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun