Mohon tunggu...
ellytahatin indah
ellytahatin indah Mohon Tunggu... Ellytahatin

Mahasiswa FEB UNS

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Upaya Ketahanan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid 19

10 Juli 2020   18:16 Diperbarui: 10 Juli 2020   18:20 52 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Ketahanan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid 19
dok. pribadi

Berkembangnya wabah Corona Virus Disease-19 (COVID-19) di dunia, hingga ke sejumlah wilayah di Indonesia, tentu sangat mengkhawatirkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk penyebarannya telah ditemukan di Propinsi Jawa  Tengah khususnya di daerah Karanganyar. Untuk mewaspadai risiko lebih besar, maka saat ini di Universitas sebelas Maret telah membentuk Satuan Tugas Peningkatan Kewaspadaan masyarakat Terhadap Ancaman Corona Virus Disease-19 (Satgas COVID-19). 

Selain itu, sebagai sebuah institusi yang wajib melaksanakan tri dharma perguruan tinggi Universitas Sebelas Maret  bermaksud terlibat langsung membantu masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat. Bentuk kegiatan KKN penanganan bencana COVIDovid-19 di daerah masing-masing dapat dilakukan pada bidang kesehatan masyarakat, ketahanan ekonomi masyarakat, ketahanan pangan,  pendidikan dan penyuluhan masyarakat, sosial dan pemberdayaan masyarakat, serta bidang-bidang  lainya.

Pada tanggal 1 Mei - 29 Juni telah dilaksanakan Kegiatan pengabdaian masyarakat dalam rangka memberikan edukasi terhadap masyarakat terhadap Covid-19 yang bertempat di Bendo RT 02/01 Tohudan Colomadu Karanganyar.  

Ellytahatin , Mahasiswa FEB UNS 2017 mengangkat tema Ketahanan ekonomi melalui ketahanan pangan keluarga serta penyuluhan tentang pengenalan dan antisipasi Covid. 

Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam rangka supporting masyrakat dalam menghadapi pandemi ini seperti Melakukan distribusi bantuan sembako pada semua warga yang membutuhkan, membuat urban farming sebagai wujud ketahanan pangan serta sosialisasi melalui media sosial mengenai pentingnya pencegahan penyebaran virus COVID-19. 

Prosgram tersebut dilaksanakan oleh Mahsiswa FEB UNS jurusan Ekonomi Pembangunan 2017 yakni Ellytahatin Indah dengan NIM F0117044 dibawah bimbingan DPL  Bapak Drs. Waridi Hendro Saputro, M.Si.

VIDEO PILIHAN