Mohon tunggu...
Elly Suryani
Elly Suryani Mohon Tunggu... Pekerja sekaligus blogger

Secangkir kopi, sehembusan angin. Pekerja yang senang melihat dan menganalisa trend data.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Tak Cukup Enak Saja, 4000 UMKM Pempek Diajak Membuat Pempek Sehat dan Berkualitas

2 Desember 2018   09:08 Diperbarui: 2 Desember 2018   20:08 0 29 19 Mohon Tunggu...
Tak Cukup Enak Saja, 4000 UMKM Pempek Diajak Membuat Pempek Sehat dan Berkualitas
Sumber Foto: lemaknyo.com

Kalau ingat Palembang, teman-teman pasti ingat pempek. Sebab pempek itu makanan khas Palembang yang sudah terkenal banget. Bahkan mulai mendunia seperti Malaysia, Singapore, Brunai, Thailand dan China mulai suka pempek. Kamu, suka pempek gak gaes? Suka, alhamdulillah.

Setiap hari sebanyak 7 ton (7.000 kilogram) pempek produk Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Palembang dibawa keluar Palembang. Sebuah angka yang cukup tinggi. 

Wajarlah kalau beberapa tahun terakhir share Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumatera Selatan didominasi oleh industri pengolahan.

Sumber: BPS 2018
Sumber: BPS 2018
Ada pergeseran Lapangan usaha beberapa tahun terakhir dimana industri pengolahan mulai mengalahkan sektor pertanian dan pertambangan dan penggalian. Sebuah indikasi bahwa Sumatera Selatan, yang didominasi  Palembang mulai menjelma menjadi Kawasan, kota Perindustrian dan perdagangan.

Sumber: BPS
Sumber: BPS
Ternyata, industri pengolahan dimaksud adalah industri makanan dan minuman, tepatnya Pempek. Wajar juga mengingat Pempek diusahakan oleh banyak kalangan di Sumatera Selatan. Selain oleh pengusaha yang sudah lumayan mapan, juga oleh pengusaha kecil yaitu Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) yang notabene adalah penggerak ekonomi kerakyatan. 

Data yang ada menunjukan bahwa UMKM yang bergerak pada komoditi pempek dan menyebar di Sumatera Selatan jumlahnya sekitar 4000 UMKM.

Bagi Wong Plembang dan Wong Sumsel umumnya, tak ada hari tanpa pempek. Pagi, siang, sore , malam kami menyantap pempek. Sebab pempek itu makanan enak, lezat dan bergizi terbuat dari daging ikan dan sedikit tepung tapioka, sagu dan disantap dengan cuka pempek yang rasanya pedas, manis, asamnya endess, mantap sedapnya. Kamu suka pempek juga kan ? tuh pada bilang iya.

Sumber: Dok.Pribadi
Sumber: Dok.Pribadi
Sumber: Dok.Pribadi
Sumber: Dok.Pribadi
Nah sebab pempek itu makanan yang dikonsumsi hampir setiap hari, maka selain enak, sedap dan bergizi juga harus sehat dan berkualitas. Harapannya terdaftar dalam Standar Nasional Indonesia (SNI). Apalagi ketika akan memasuki pasar global tentu saja harus terstandar dalam SNI.

Dalam rangka edukasi kepada UMKM pengusaha pempek telah dilakukan pelatihan kepada UMKM Pempek Palembang. Bahwa tak cukup enak saja, pempek juga harus sehat dan berkualitas kepada UMKM Pempek di Palembang, mengenalkan pentingnya  SNI kepada para UMKM Pempek di Palembang dan Sumatera Selatan.

Beberapa bulan lalu Pemkot Palembang berkerja sama dengan Pemprov Sumsel dan Badan Standarisasi Nasional (BSN) melakukan edukasi bagi 4000 UMKM pempek di Palembang. 

Salah satunya saat mengadakan acara Pemecahan Rekor Muri Pembuatan pempek berjumlah 18.818 buah jelang event Asian Games lalu tepatnya pada tanggal 8 Agustus 2018 di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) yang diikuti oleh 4000 UMKM Pempek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x