Mohon tunggu...
Ella kayla
Ella kayla Mohon Tunggu... Laili Nur Qomariyah

Setiap kata punya makna, Setiap tulisan punya pesan~

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cara Mengeringkan Bunga agar Tidak Layu Terbuang

2 Oktober 2020   04:19 Diperbarui: 13 Oktober 2020   16:20 57 15 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengeringkan Bunga agar Tidak Layu Terbuang
Dok. pribadi

Pemberian adalah suatu hal yang indah, yang di harapkan bisa abadi untuk selalu dikenang, itu yang terlintas di benak saya. Begitu juga dengan bunga yang saya dapat di hari spesial, rasanya ga rela aja kalo bunga segar akan layu, membusuk, dan terbuang tanpa ada jejak ataupun sisa. 

Akhirnya saya berfikir untuk  mencari cara agar bunga ini tetap bisa dilihat dan tetap indah, singkat cerita muncul ide untuk mengeringkan bunga karna banyak melihat bunga kering yang dijual diberbagai macam platform e-commerce, lalu terinspirasi lah untuk membuatnya sendiri dengan cara mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti: blog, youtube, dan juga bertanya langsung ke teman yang sudah pernah meneringkan bunga. 

Dari beberapa informasi yang di dapat ada berbagai cara untuk mengeringkan bunga, begitupun bahan yang diperlukan juga beragam, jadi bisa disesuaikan dengan memilih cara yang dinilai paling efektif, seperti memilih bahan yang mudah ditemui. cara-cara nya cukup mudah, yuk kita simak!

1. Menyemprot bunga dengan Alkohol secara menyeluruh (batang dan bunga) dengan cara di semprot satu persatu agar alkohol merata ke semua bagian.

Saya menggunakan alkohol kadar 70% bisa juga menggunakan kadar 90% bila ada, atau bisa juga menggunakan hairspray. Disini saya menggunakan alkohol 70% karna lebih mudah di temui dari pada yang kadar 90%.

2. Menjemur bunga dengan cara menggantungkan bunga secara terbalik, bisa menggunakan tali rafia, hanger, dan lain sebagainya. Tempat menjemurnya bisa di dalam ruangan atau bisa juga menjemurnya di luar ruangan, saya memilih di dalam ruangan agar lebih aman jika tiba-tiba turun hujan. 

Fungsi menggantung dengan cara terbalik ini agar bunga tetap tegak sesuai bentuk asalnya. Adapun waktu menjemur yang diperlukan juga bervariasi bisa 1-2 minggu tergantung panasnya cuaca.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
3. Merangkai bunga ke dalam vas, tahap selanjutnya setelah bunga benar-benar kering adalah merangkainya ke dalam vas bunga, bisa juga memotong batang-batang yang terlihat mengganggu agar bunga terlihat lebih estetis. 

Selain bisa untuk hiasan, bunga kering juga sering digunakan untuk properti foto, agar makin ketceh dan instagramable.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Setelah tiga tahap di atas, bunga kering siap menghiasi sudut-sudut ruangan,  dekorasi kamar, atau menghiasi foto-foto di instagram kamu. 

Bunga yang bisa terbuang begitu saja kini bisa ditatap lebih lama, dengan tampilan yang sedikit berbeda namun tetap estetis. penulis berharap semoga ulasan ini bisa memberi inspirasai bagi pembaca, dan meningkatkan kreatifitas.

VIDEO PILIHAN