Media

Kenal Media Harus Kenal Awal Mulanya Dulu

11 Februari 2018   20:16 Diperbarui: 11 Februari 2018   20:25 535 0 0

Multimedia atau dari kata dasar media yang saat ini sudah sangat banyak digunakan oleh khalayak. Bahakan media saat ini digunakan oleh khalayak hampir setiap harinya. Hal ini juga disebabkan karena berkembangnya zaman sehingga banyak media yang semakin bermunculan dan semakin berkembang dari segi konten, isi, ide dan lain sebagainya.

Lalu apa saja isi yang ada di media tersebut sehingga membuat banyak khalayak yang menggunakan media hampir setiap hari? Pendidikan, ya salah satu bentuk media tersebut diciptakan adalah untuk meberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk dijadikan tempat mendapatkan ilmu selain mendapatkan ilmu dari sekolah, lingkungan dan orang lain (Multimedia System).

Selain itu media juga digunakan sebagai salah satu sarana yang menarik juga untuk dijadikan sebuah industri. Tanpa adanya indutri tersebut maka sebuah media pun juga tidak akan ada dan tidak akan jalan (Multimedia system).

Multimedia yang artinya media yang mempunyai lebih dari satu media yang digunakan untuk menyiarkan berita. Multimedia bisa dalam berbagai media seperti teks, audio, grafik, animasi, video, interaktifitas (Multimedia System). Agar media tidak membosankan dan lebih dekat dengan kahalayak biasanya ada beberapa media yang memanfaatkan media lain yang sudah ada sejak lama yaitu menggunakan game dan simulasi.

Media juga dimanafaatkan sebagai sebuah seni yang menarik juga, seperti membuat film dan animasi. Film tanpa media juga tidak akan berjalan dan tidak akan dikenal oleh khalayak dari zaman dulu sampai saat ini. Bahkan didalam film pun sebuah konten merupakan sebuah hal yang mutlak, tanpa konten yang menarik dan berbeda maka film tersebut tidak akan berhasil terjual ke khalayak. Sama seperti animasi yang memerlukan media yang banyak untuk menggambar dan membuat efek-efek dari animasi tersebut (Multimedia System).

Dengan adanya fitur yang lain yang membuat khalayak tertarik untuk menggunakan media tersebut kemungkinan besar untuk memperbanyak pengguna media tersebut untuk menjadikan media tersebut bisa dijadikan tempat untuk mendapatkan informasi. Semakin banyak khalayak menggunakan media tersebut maka media tersebut akan semakin berkembang pula dan terus memanfaatkan fitur tersebut agar nantinya fitur yang dibuat tersebut bisa lebih menarik perhatian khalayak lagi.

Didalam multimedia sebuah video bukanlah semata-mata mengenai TV saja, namun video juga menjelaskan atau menceritakan mengenai isi informasi yang disiarkan. Dengan adanya video tersebut juga memberikan penjelasan ke khalayak agar khalayak tidak hanya sebatas membaca tulisan tanpa bisa mengetahui situasi aslinya. Video dibuat juga agar khalayak bisa memahami isi dari informasi tersebut. 

Sama hal dengan sebuagh berita yang diberi video maka informasi yang dibuat tersebut menceritakan kejadian asli dari berita tersebut. Salah satu media yang menggunakan video yaitu Vice yang memiliki 5 juga subscriber di Youtube. Hal ini menunjukkan bahwa video juga perlu dalam sebuah informasi agar khalayak lebih memahami isi dari berita tersebut (Duy Lihn Tu)

Lalu kenapa sih harus multimedia yang dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi dan segala bentuk ilmu yang ingin kita dapatkan? Salah satu alasan banyak khalayak yang memanfaatkan media termasuk industri dari berbagai perusahaan yang menghasilkan suatu produk juga memerlukan sebuah perantara untuk memansarkan produk yang hendak diperjualbelikan atau ditawarkan ke khalayak sehingga kahalayk bisa menganal produk tersebut lalu menggunakan produk tersebut. Dalam memasarkan produk pun juga membuat konten yang menarik lewat media yang hendak ia manfaatkan tersebut. 

Hal ini yang menyebabkan sebuah media pada akhirnya menjadi suatu yang banyak dimanfaatkan oleh khalayak saat ini. Selain cepat dan mudah, media juga pada akhirnya dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup khalayak yang lebih baik.

Bahkan tidak sedikit juga khalayak yang merasa dan menganggap bahwa media adalah tentang lifestyle. Semakin tinggi lifestyle yang ditunjukkan lewat media seperti media sosial yang telah dibuat yaitu facebook, instagram dan lain sebagainya, maka semakin tinggi juga martabat orang tersebut di dunia sosial. Ditambah lagi dengan zaman yang sudah berubah membuat mindset setiap orang tentang dunia sosial menjadi berubah juga. Namun ada juga orang-orang yang tidak peduli dengan dunia sosial mereka di media sosial sehingga menganggap bahwa media hanya tempat mencari informasi dan hiburan saja.

Dengan kata lain, menggunakan media juga harus pandai dalam memanfaatkannya dengan baik agar kita tidak terjebak dalam media yang menjadikan pribadi yang buruk bagi orang lain juga. Mengikuti zaman dan teknologi adalah kebebasan setiap orang. 

Namun dalam memanfaatkan media sebaik mungkin merupakan suatu kewajiban dari setiap penikmat media. Tanpa menghancurkan sisi dari orang lain dan menyebarluaskan suatu hal yang negatif mengenai orang lain pun sudah melanggar aturan. Dalam memanfaatkan media atau dengan kata lain sudah mengalahgunakan media.

Sumber: 1,