Mohon tunggu...
Eliyas Yahya
Eliyas Yahya Mohon Tunggu... Petani - Rakyat Indonesia

Citizen Reporter, aktif sebagai editor di masyarakatbercerita.my.id , penulis lepas di beberapa media.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Yuk Simak, 2 Manfaat Jika Anak Gemar Melakukan Puasa

4 April 2022   20:01 Diperbarui: 4 April 2022   20:22 405
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi ( iSumber gambar : pixabay.com )

Upaya orang tua dalam melatih anaknya untuk berpuasa dengan cara mengajarkannya tata cara berpuasa dan pada saat itu juga anak dilatih untuk berpuasa semampunya, biasanya puasa setengah hari, atau berbuka pada pukul 12 siang dan puasa lagi hingga adzan maghrib, dan apabila si anak mampu melakukan puasa satu hari penuh dan kuat untuk tahun berikutnya maka si anak akan diberi hadiah oleh orang tuanya.

Diatas adalah program yang bagus untuk dilakukan oleh orang tua dalam mengajarkan anak tentang hal-hal yang berkaitan dengan puasa ramadhan , biasanya kendala yang kerap didapati para orang tua dalam melatih anak berpuasa ramadhan adalah susahnya di bangunkan sahur, semua itu harus dilakukan oleh orang tua karena ia  berperan dalam proses perkembangan anak terutama dalam melakukan ibadah puasa. 

Berikut adalah manfaat yang didapatkan di anak jika ia sanggup dan rajin melakukan puasa : 

1. Menjadi pribadi yang tangguh 

Makna dari berpuasa adalah tidak melakukan makan, minum dan hal-hal yang membatalkan puasa, jika anak berhasil melakukan puasa, terutama di bulan ramadhan, hal tersebut akan membentuk pribadi anak menjadi tangguh, memiliki mental yang kuat, karena ia mampu mengontrol dirinya, ketangguhan si anak akan berguna untuk masa depannya kelak, karena ia harus siap menghadapi perjalanan lika-liku dunia.

2. Menjadi pribadi yang religius 

Puasa disyariatkan agar lahirnya pribadi yang bertaqwa dan taat akan Allah, Dengan puasa seseorang akan dididik untuk selalu bertaqwa kepada Allah SWT dimanapun ia berada, baik dikala banyak orang ataupun tidak ada orang, orang bertaqwa adalah tumbuhnya sifat dimana selalu merasa selalu dilihat oleh Allah SWT dimanapun ia berada. Sehingga ia akan selalu melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Selain itu puasa akan melahirkan rasa tulus dan ikhlas hanya karena mengharap ridha dari Allah SWT, karena ibadah puasa adalah ibadah yang tidak mungkin dipamer-pamerkan kepada orang, kecuali hanya untuk Allah,  anak yang bertakwa akan selalu menghiasi dirinya oleh cahaya iman, amaliah atau gaya hidup sehari-hari yang terpuji, selain itu, anak yang sudah terbiasa melakukan puasa, dengan berbekal benteng iman dan taqwanya itu, tidak akan mudah tergiur oleh godaan dan rayuan tipu daya dunia. 

2 hal diatas akan ada pada diri anak yang selalu terbiasa melakukan ibadah puasa, mengingat banyaknya manfaat dalam mengajari anak berpuasa, ayo bagi orang tua jangan patah semangat mencari cara agar si anak berhasil dan mau melakukan ibadah puasa. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun