Mohon tunggu...
Elisa Putri
Elisa Putri Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Hobi membaca webtoon dan menonton drama

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pelaksanaan Magang Mahasiswa UNTAG Surabaya di PT Enseval Putera Megatrading Tbk Cabang Surabaya 2

25 April 2023   21:40 Diperbarui: 25 April 2023   22:47 440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Magang atau yang biasa disebut Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu proses penerapan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama masa pendidikan ke dunia kerja. Magang juga bertujuan untuk mengetahui seperti apa sebenarnya dunia kerja itu, serta untuk menambah ilmu dan pengalaman baru. Kegiatan magang ini menjadi salah satu kegiatan yang wajib ditempuh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Program magang yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada Program Studi Admininstrasi Niaga Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam menyelesaikan program Strata Satu (S1).

Elisa Mardiani Putri merupakan salah satu mahasiswa Semester 5 Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang telah melaksanakan kegiatan magang selama 2 bulan, mulai dari 9 Januari 2023 hingga 9 Maret 2023  di PT Enseval Putera Megatrading Tbk Cabang Surabaya 2, tepatnya pada divisi Direktorat Sales, Keuangan dan Akuntansi. PT Enseval Putera Megatrading Tbk sendiri adalah perusahaan distribusi dan logistik yang bergerak dibidang kesehatan dan farmasi.

Dalam kegiatan magang selama 2 bulan di PT Enseval Putera Megatrading Cabang Surabaya 2 pada divisi Direktorat Sales, Keuangan dan Akuntansi memberikan kesempatan pada saya untuk mendalami materi sekaligus praktek mengenai materi perkuliahan Ilmu Administrasi yang selama ini saya tempuh. Saya mendapat banyak sekali pengalaman dan pembelajaran dari kegiatan magang ini. Mendapatkan pengalaman mengenai cara bekerja sama dengan karyawan lain serta mendapatkan kepercayaan dan bertanggung jawab terhadap tugas yang telah diberikan.

Dan kegiatan magang ini juga sejalan dengan materi yang pernah saya terima di bangku perkuliahan. Seperti pada departemen Keuangan dan Akuntansi yang mengajarkan saya adanya biaya keluar yang dibebankan ke pusat ataupun cabang, meningkatkan ketelitian dalam melakukan pembukuan dan mengimput data tagihan harian yang di setorkan oleh sales agar tidak terjadi selisih. Sedangkan hasil yang saya dapatkan di departemen sales adalah tentang bagaimana proses orderan masuk ke system ataupun melalui sales, pembayaran yang dilakukan outlet, lalu barang diproses di warehouse, hingga barang di kirim oleh ekpedisi sampai ke outlet, dan penyerahan setoran harian sales.

Adapun hasil lain yang saya terima seperti, melatih kecepatan mengetik karena setiap hari selalu berurusan dengan komputer, meningkatnya kemampuan saya dalam mengelola data di Microsoft Excel, meningkatkan kemampuan penggunaan alat-alat kantor yang mungkin selama ini tidak pernah saya lihat atau gunakan, meningkatkan kedisiplinan, meningkatkan keefisienan dalam bekerja, rapih dan tepat waktu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang diberikan. Oleh karena itu kegiatan magang ini sangat berguna  untuk saya agar dapat menerapkan ilmu yang selama ini saya pelajari ke dunia kerja sesungguhnya, dan saya juga dapat mempelajari ilmu serta hal-hal baru di dalam dunia kerja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun