Mohon tunggu...
Eli saputri
Eli saputri Mohon Tunggu... Qs. Al-Kahf 28

Dakwah dan Tarbiyah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Menjaga Kebersihan Lingkunagan untuk Mencegah DBD

18 Maret 2020   09:36 Diperbarui: 18 Maret 2020   09:47 113 0 0 Mohon Tunggu...

Terlebih dulu kita pahami apa defenisi dari demam berdarah/DBD?

DBD/demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue. Virus ini menusuk kedalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Berdasarkan informasi tahun 2020 di indonesia pada bulan januari sampai awal bulan maret kasus DBD sudah mencapai 16 ribu kasus, 100 jiwa meninggal. Upaya preventif pun sudah dilakukan oleh pemerintah seperti pemberantasan sarang nyamuk, baik di rumah, sekolah, tempat umum maupun rumah ibadah. tetapi upaya ini belum maksimal untuk memutus mata rantai wabah penyakit ini. Maka dari itu perlunya kerja sama dan antisipasi masyarakat dalam mengatasi wabah penyakit tersebut.

Salah satu upaya yang di lakukan adalah melalui satu program yang dikenal dengan perilaku hidup bersih. Perilaku hidup bersih merupakan perwujudan untuk memberikan pengalaman belajar yang kondusif baik perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku untuk menerapkan pola hidup sehat. 

Kebersihan dan kesehatan merupakan hal terpenting di jaga untuk tercapainya kenyamanan dalam masyarakat. Kesehatan dan kebersihan yang efektif di mulai dari diri sendiri dahulu, kemudian masyarakat bersatu padu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan untuk terhindar dari wabah penyakit terkhususnya DBD.

Memperluas dan menambah informasi kepada masyarakat terkhusus generasi muda tentang penjangkitan dan pencegahan wabah DBD sangat penting untuk di lakukan oleh generasi mudah agar menunjukan kepada masyarakat umum, pentingnya berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan agar masyarakat sadar hal utama yang terpenting mencegah wabah penyakit adalah menjaga kebersihan dan kesehatan.

By Eli Saputri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x