Elisa Koraag
Elisa Koraag ibu rumah tangga

Saya ibu rumah tangga dengan dua anak. gemar memasak, menulis, membaca dan traveling. Blog saya dapat di intip di\r\nhttp://puisinyaicha.blogspot.com/\r\nhttp://www/elisakoraag.com/ \r\nhttp:www.pedas.blogdetik.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Sido Muncul Luncurkan Iklan Peduli Lingkungan

13 April 2016   20:32 Diperbarui: 14 April 2016   00:19 137 4 8

 [caption caption="Peluncuran Iklan Peduli Lingkungan Tolak Linu Herbal"][/caption]PT. Sido Muncul kembali menunjukan komitmennya, peduli pada lingkungan hidup. Direktur Utama Sido Muncul, Irwan Hidayat, didamping Menteri Lingkungan Hidup RI, Dr.Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.SC, Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji dan beberapa pejabat setempat, meluncurkan iklan Peduli Lingkungan Tolak Linu Herbal. Bertempat di Lapangan Bola Haji, Naim Cipete Utara, Jakarta Selatan, Selasa 12 April 2016.

Iklan yang menggunakan Musisi Tanri Kotak, mengususng tema: “Lakukan Hal Sederhana dengan Cinta yang Besar”. Iklan ini memuat pesan pentingnya memilah sampah di tingkat keluarga. Iklan ini juga bertujuan membantu mengurangi pencemaran lingkungan sekaligus beramal dengan membantu para pemulung yang mencari nafkah ditempat pembuangan sampah.

Dalam sambutannya Direktur Utama PT. Sido Muncul, Irwan Hidayat mengatakan: Iklan ini ingin mengajak dan mengajarkan, setiap orang bisa mempunyai peran dalam berbuat baik untuk lingkungan. Di mulai dari Rumah Tangga, bisa membiasakan memilah sampah. Memisahkan berdasarkan jenis sampah, sehingga bisa di daur ulang.

[caption caption="Cindera Mata berbahan daur ulang"]

[/caption]Saat memberikan cindera mata kepada Ibu Menteri Lingkungan Hidup RI, Dr.Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.SC, mengatakan: Cinderamata ini terbuat dari daur ulang, dari limbah kemasan sachet Tolak Linu Herbal. Saat ini Sido Muncul sudah menggunakan 60 % limbah daur ulang. Sido Muncul mengajarkan masyarakat sekitar pabrik, mengolah limbah menjadi benda bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis. 

Pada kesempatan itu PT. Sido Muncul memberikan bantuan Gerobak Sampah yang diserahkan Ibu Menteri Lingkungan Hidup RI, Dr.Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.SC, secara simbolik kepada kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji  yang diteruskan kepada pemulung yang tinggal di sekitar Lapangan Bola Haji Naim, Cipete Utara, Jakarta.

Menteri Lingkungan Hidup RI, Dr.Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.SC, dalam sambutannya mengucapakan banyak terima kasih atas peran serta para pengusaha yang mau dan peduli pada lingkungan. Utamanya membantu mencarikan solusi dari limbah sampah plastik. Dengan mendaur ulang limbah plastik, berarti memperpanjang usia pakai. Kita sama-sama mengetahui plastik adalah limbah yang sulit dihilangkan. Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri, dengan bantuan para pengusaha dan masyarakat, persoalan sampah, bisa diatasi. Pencemaran lingkungan 70%nya disebabkan oleh limbah domestik. Menjaga dan memelihara lingkungan agar tetap bisa ditempati dengan baik dan nyaman adalah tugas setiap manusia.

Pemerintah juga sudah mengeluarkan PP Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Pada kesempatan yang sama juga hadir Nadine Zamira Syarief, Miss Indonesia Earth 2009. Nadine menjabat sebagai direktur utama sekaligus pendiri dari LeafPlus, sebuah lembaga konsultasi komunikasi lingkungan hidup. Nadines dan perusahaannya termasuk yang mendukung gerakan diet kantong plastic. Menurut Nadine, Rp. 200 untuk harga kantong plastik di supermarket memang tidak terlalu memiliki dampak. Namun tujuan utamanya adalah mengubah prilaku masyarakat dengan peduli untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Tidak mudah bukan tidak bisa, memang memerlukan waktu panjang, namun program ini baru sebatas uji coba, masih aka nada evaluasi. Jika data dan fakta menunjukan tidak ada perubahan, maka bisa dibuat kebijakan baru

[caption caption="Penggiat Lingkungan Hidup"]

[/caption]Sampah dan lingkungan hidup buka persoalan pemerintah saja. Jika pengusaha yang notabene banyak menggunakan kemasan plastik mulai sadar, peduli dan mau berperan aktif dalam mengatasi permasalahan sampah dan lingkungan, maka sebagai masyarakat, kita juga harus mendukung dan turut berperan aktif. Minimal, menggurangi penggunaan kantong plastik dan mulai memilah sampah berdasarkan jenisnya. Membantu memilah sampah, juga turut membantu para pemulung.

Yuk, kita peduli pada sampah dan lingkungan kita. Peran serta kita adalah demi kelangsungan lingkungan hidup yang baik buat anak cucu kita kelak. Apa yang kita lakukan akan kita wariskan pada anak cucu. Lingkungan hidup yang baik akan berdampak pada kehidupan manusia yang lebih baik juga.