Mohon tunggu...
Elisa
Elisa Mohon Tunggu... Freelancer - INSTITUT TAZKIA

INSTITUT TAZKIA

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Kemajuan Teknologi Digital di Dunia Internasional melalui Peran Milenial Indonesia

6 Maret 2021   12:23 Diperbarui: 6 Maret 2021   12:27 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada perubahan di berbagai bidang, seperti sosial, ekonomi, politik, dan budaya, serta berdampak pada perubahan gaya hidup, termasuk pola konsumsi serta cara berjualan dan berbelanja masyarakat. 

Di era ini, masyarakat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membeli dan/atau menjual barang dan/atau jasa melalui internet. Salah satu yang tidak bisa lepas adalah teknologi internet yang membuat belanja sesuatu tidak harus keluar rumah, bisa melalui aplikasi atau website. 

Hal ini  juga berkaitan dengan pelaku bisnis yang membutuhkan wadah edukasi produk atau jasa ke calon cutomer berupa website (Rahman & Dewantara, 2017).

Website dan media sosial memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan dan mempertahankan sebuah usaha online. Hal tersebut penting karena dapat digunakan untuk menjadi media penjualan produk, memperkenalkan profil usaha, sarana publikasi dan juga membangun branding untuk produk atau jasa. Tidak hanya itu, website dan media sosial mempermudah sebuah usaha dengan mempermudah yang mana jauh menjadi dekat. 

Namun tidak semua usaha memiliki sebuah website atau tidak maksimal dalam pemanfaatan digital dalam memproposikan usahanya. Maka model bisnis pembuatan website ini sangat di perlukan (Siswanto, 2013). 

Masyarakat Indonesia yang berdomisili di Timur Tengah dan Eropa dan berkecimpung di bidang bisnis online tidak semua memiliki sebuah website atau belum mengoptimalkan website dan media sosial sebagai media promosi dikarenakan dibutuhkan skill tersendiri. 

Seperti yang kita ketahui, memang banyak cara yang dapat digunakan dengan biaya yang murah bahkan mungkin secara cuma-cuma untuk melakukan penjualan/pemasaran melalui digital marketing, namun strategi pemasaran yang salah, dan optimasi website dan media sosial yang asal-asalan dapat memberikan dampak yang buruk terhadap sebuah usaha. 

Hal ini sangat memungkinkan berakibat tidak maksimalnya penjualan produk atau jasa, bahkan tidak sesuai dengan target yang ingin dicapai. Apalagi di bidang Social Media Marketing, Facebook Ads, Instagram Ads, dan Branding (Rahayu, 2013). 

Sedangkan Semakin banyaknya jumlah pengangguran di Indonesia terutama pada masa pandemi ini mendorong Digital marketing Agency International untuk membuka lapangan kerja bagi kaum milenial. 

Digital marketing Agency International akan memaksimalkan SDM Indonesia terutama kaum milenial Indonesia yang tertarik dengan dunia pemasaran digital dan bisa berbahasa asing minimal berbahasa Inggris. Oleh karena itu Digital marketing Agency International akan bekerja sama dengan beberapa lembaga kursus bahasa Inggris dan Arab di Pare, Jawa Timur. 

Diantara lembaga kursus yang menjadi rekan kerja potensial di Pare adalah Englsih Studio dan Al Azhar. Timur Tengah sendiri diprediksikan akan mengalami peningkatan presentase pengguna internet yang sangat pesat mencapai 41%, hanya dalam rentang waktu 2017 hingga 2022 (Cisco, 2020) . Melihat data untuk mengetahui perkembangan pengguna internet di Dunia dan mendapatkan gambaran perilaku warganet saat berselancar di dunia maya, bahwasanya menurut  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun