Mohon tunggu...
Elisa Esterelita
Elisa Esterelita Mohon Tunggu... EE

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Pupuk Organik Cair dari Urine Manusia

28 Februari 2018   07:45 Diperbarui: 28 Februari 2018   08:00 2708 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pupuk Organik Cair dari Urine Manusia
https://cdn.zmescience.com/wp-content/uploads/2013/09/urine.jpg

Manusia termasuk makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri memerlukan makanan atau minuman dan mengeluarkan zat sisa. Manusia memerlukan makanan atau minuman agar dapat bertahan hidup. Setelah manusia makan/minum, pasti akan mengeluarkan zat sisa berupa urine. Seperti yang kita ketahui, urine adalah zat sisa berbentuk cairan yang dikeluarkan oleh manusia. 

Biasanya, urine akan dibuang begitu saja setelah dikeluarkan. Namun, tahukah anda bahwa urine manusia mengandung berbagai unsur hara yang diperlukan oleh tanaman agar dapat tubuh dengan subur? Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Urine manusia mengandung tiga unsur hara makro yaitu nitrogen, phospor dan kalium. Selain itu terdapat juga unsur hara lainnya seperti magnesium, kalsium dan karbon. Diantara semua unsur hara, yang mendominasi adalah nitrogen. Seperti yang kita ketahui, unsur hara nitrogen sangat diperlukan oleh tanaman. 

Nirogen dalam tanaman berfungsi untuk memperbaiki pertumbuhan vegetatif tanaman, meningkatkan kadar asam amino yang sekaligus kadar protein pada tanah, meningkatkan jumlah daun dan meningkatkan warna hijau daun yang berfungsi dalam proses fotosintesis karena kandungan klorofil yang tinggi, dan membantu meningkatkan pH tanah yang berfungsi dalam penyerapan berbagai unsur hara.

Urine manusia sangat mudah ditemukan karena setiap hari manusia pasti mengeluarkan zat sisa tersebut. Urine juga tidak mengandung zat yang berbahaya bagi makhluk hidup lain baik manusia maupun tanaman. Selain itu, urine juga ramah untuk lingkungan karena tdak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Urine manusia terdiri dari beraneka warna dari kuning pekat hingga memudar berwarna putih. Namun, pada tanaman, warna pada urine tidak mempengaruhi pada tanaman karena komposisi setiap warna pada urine hampir sama.

Pupuk organik cair memang sudah banyak dijual dipasaran. Namun, masih sedikit atau bahkan belum ada yang menggunakan urine manusia sebagai pupuk. Seperti yang kita ketahui, pupuk organik sangat bermanfaat bagi kesuburan dan kesehatan tanah. Tanah yang menggunakan pupuk organik akan tetap terjaga kualitasnya dan dapat dipergunakan dalam jangka panjang. 

Tanaman juga akan tumbuh dengan subur, sehat dan optimal karena pupuk organik merupakan bahan-bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Mari bersama kita jaga lingkungan kita dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Daftra Pustaka

http://sainskimia.com/2017/08/29/komposisi-bahan-kimia-dalam-urine-manusia/

https://agroteknologi.web.id/fungsi-dan-peranan-unsur-hara-nitrogen-n-bagi-tanaman/

VIDEO PILIHAN