Mohon tunggu...
Eli Lusiyana
Eli Lusiyana Mohon Tunggu... Guru - Guru Kimia SMA Negeri 4 Pekalongan

Salam kenal semuanya, saya Eli Lusiyana biasa di panggil Eli. Saya seorang guru Kimia di SMA Negeri 4 Pekalongan. Saya ingin berbagi tulisan dengan rekan-rekan semua, semoga apa yang saya tulis bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi dan Dampak)

8 Desember 2022   03:55 Diperbarui: 8 Desember 2022   04:02 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Best practice ini bertujuan meningkatkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Lembar Kerja Siswa (E-LKPD) pada materi konsep/pengertian laju reaksi

Latar Belakang dari best practice ini yakni minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran kimia masih rendah, berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan guru, peserta didik cenderung kurang antusias saat pembelajaran kimia terutama ketika di siang hari seperti mengobrol dengan teman sebangku, menggambar atau mencoret-coret hal yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran, meletakkan kepalanya di atas meja, pembelajaran yang diberikan oleh guru masih monoton, guru selalu menggunakan metode ceramah dalam setiap proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran yang belum tepat, guru masih belum dapat menyesuaikan media yang tepat, yang sesuai dengan karakteristik peserta didik danmateri yang akan diajarkan. Dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Lembar Kerja Siswa (E-LKPD) dapat mengatasi masalah tersebut pada proses pembelajaran kimia khususnya pada materi konsep/pengertian laju reaksi.

Semoga dengan adanya best practice ini dapat membantu bapak/ibu guru dalam mengatasi permasalahan yang sama selama proses pembelajaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun