Mohon tunggu...
Elies FajriahNawangwulan
Elies FajriahNawangwulan Mohon Tunggu... Mahasiswa Iain

Pendidikan Anak Usia Dini Iain Jember 2018

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Penemuan Kebenaran dan Sarana Berfikir Ilmiah

3 Desember 2019   20:58 Diperbarui: 3 Desember 2019   21:01 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kajian tentang Ilmu Pengetahuan ini terekomendasikan dari Kelompok 6 PIAUD 1 Semester 3 IAIN Jember

Penemuan Kebenaran dan Sarana Berfikir

Berfikir merupakan sebuah proses yang menghasilkan pengetahuan artinya pengetahuan merupakan kesimpulan dari proses berfikir tersebut. 

Agar kesimpulan tidak salah maka dibutuhkan proses yang benar dalam berfikir proses inilah yang disebut atau istilah berfikir ilmiah.

Cara Menemukan Kebenaran Berbeda-beda 

ada 5 cara menemukan dan kebenaran antara lain:

  1. Penemuan secara kebetulan, Penemuan ini ialah penemuan yang berlangsung secara tidak disengaja.
  2. Penemuan coba dan ralat, Penemuan terjadi karena adanya kepastian antara berhasil dan tidak berhasil dengan apa yang dicari.
  3. Penemuan melalui otoritas atau kewibawaan pendapat orang yang memiliiki kewibawaan atau orangg yang kekuasaan tinggi seringg terjadi sebagai kebenaraan meskipun pendapat itu dan tidak didasarkan pada pembuktian ilmiah.
  4. Penemuan spektulatif in oleh seseorang yang mengalami permasalahan kemudian meyakinkan kebenaran.
  5. Penemuan secara berfikir kritis dan rasionalis, cara ini biasanya dikaitkan dengan cara analitis secara rasionalis dengan asas pengalaman serta pengetahuannya.

Pikiran dikatakan ilmiah jika melewati tahapan pemikirannya misalnya diawali dengan rumusan masalah, metode dan teori, kajian pustaka, dan study terstruktur, penguji hipotesis dan kesimpulan. Untuk mencapai befikir ilmiah manusia membutuhkan saran-saran penunjang, yang meliputi: Bahasa, Logika, Definisi.

  1. Fungsi utama bahasa adalah sarana komunikasi dan informasi memilliki 3 ciri utama antara lain: Komunikasi, Reproduktif dan Antiseptif
  2. Logika adalah sarana berfikir sistematik filed dan dapat dipertanggung jawabkan. Dalam arti luas logika adalah metode atau prinsip yang dapat memisahkan secara tegas antara penalaran yang benar dan penalaran yang salah.
  3. Definisi atau penjalasan memiliki sarana terpenting dalam bersifat ilmiah, definisi digunakan sebagai penjalasan terhadap sesuatu yang sepenuhnya belum dimengerti. definisi juga berfungsi sebagai alat pembeda, sehingga kata dapat memahami objek yang kita bahas dan teliti. 

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tulis, dari apa yang dijelaskan oleh kelompok 6..........

Saya Mohon maaf Apabila ada typo karena kekurangan itu dari saya dan kelebihan hanya di milik Allah SWT semata..

salam PIAUD.... Salam Ceria....

PIAUD... Bahagia... Mulia....Ceria.......

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x