Mohon tunggu...
Elgin Alwan
Elgin Alwan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kisah Mulia Malaikat Pintu Surga

25 Januari 2021   11:20 Diperbarui: 25 Januari 2021   11:47 51 0 0 Mohon Tunggu...

Ridwan adalah malaikat yang menjaga surga. Tugas utamanya adalah menyiapkan tempat dan melayani para penghuni surga. Dalam melayani penghuni surga, ia dibantu oleh para pembantunya yang jumlahnya tidak bisa terhitung banyaknya, karena hanya Allah lah yang tahu. Para pembantu Ridwan itu terdiri dari para Wildan (anak-anak kecil yang belum akil baligh) dan para bidadari.

Ketika terjadi hari kiamat, Allah memerintahkan kepada Ridwan untuk membuka pintu-pintu surga dan menghiasinya dengan aneka macam perhiasan, serta menyiapkan pelayannya untuk menyambut kedatangan orang-orang yang bertaqwa yang akan menjadi penghuninya.

Sebagaimana yang diceritakan dalam suatu hadits: pada saat terjadi kiamat, Allah Ta’ala berfirman: “Wahai Jibril, dekatkan surga itu kepada orang-orang yang bertaqwa dan perlihatkanlah dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat.”

Akhirnya surga itu berada di sisi kanan Arasy, sedang neraka berada di sisi kiri Arasy. Lalu dipanjangkan shirat (jembatan penyeberangan) di atas neraka. Mizan (timbangan) juga ditegakkan. Inilah yang dimaksud ayat:

وَاُزْلِفَتِ الْجَنَّةُ لِلْمُتَّقِيْنَ ۙ (٩٠)وَبُرِّزَتِ الْجَحِيْمُ لِلْغٰوِيْنَ ۙ (٩١)

Wauzlifati aljannatu lilmuttaqiina (90), waburrizati aljahiimu lilghaawiina (91).

Artinya: “dan (di hari itu) didekatkanlah surga kepada orang-orang yang bertakwa, dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat.” (QS. Asy-Syu’ara’ [26] ayat 90-91).

Kemudian Allah Ta’ala berfirman: “Di manakah kekasih-Ku Nabi Adam a.s.? Di manakah kekasih-ku Ibrahim? Di mana kalimat-Ku Musa? Di manakah ruh-Ku Isa? Dan di manakah kekasih-Ku Muhammad SAW? Berdirilah kalian di sisi kanan Mizan (timbangan)”.

Selanjutnya Allah Ta’ala berfirman: “Wahai Ridwan, bukalah seluruh pintu surga! Wahai Malik, bukalah seluruh pintu neraka!”. Kemudian datanglah Malaikat Rahmat dengan membawa perhiasan, sedangkan Malaikat Adzab juga datang dengan membawa belenggu dan rantai, serta pakaian dari tembaga panas.

Lalu ada pemanggil: “Wahai golongan makhluk, lihatlah ke neraka, sebab pada saat ini telah ditimbang amalnya fulan bin fulan”. Kemudian ada pemanggil: “Wahai penduduk surga, kekal lah kalian di dalam surga dengan tidak akan mati. Wahai penduduk neraka, kekal lah kalian di dalam neraka dengan tidak akan mati”. Oleh karena itu, Allah Ta’ala berfirman:

وَاَنْذِرْهُمْ يَوْمَ الْحَسْرَةِ اِذْ قُضِيَ الْاَمْرُۘ وَهُمْ فِيْ غَفْلَةٍ وَّهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ (٣٩)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN