Elgi JetForgano.
Elgi JetForgano.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Musik 2016, FBS, UNP.

Selanjutnya

Tutup

Musik

The Doors, Maestro 70-an di Amerika Serikat

16 Maret 2019   15:08 Diperbarui: 16 Maret 2019   15:25 8 1 0

Nama Jim Morrison besar sebagai vokalis The Doors yang didirikan tahun 1965 di Los Angeles, bersama kibordis Ray Manzarek. Band yang paling kontroversial pada jamannya karena lirik yang samar, terkadang sangat vulgar dan tidak diduga. Kala itu Manzarek sangat terkesan dengan puisi buatan Morrison yang berjudul "Moonlight Drive" lalu dibentuklah The Doors dengan formasi kibordis Ray Manzarek, vokalis Jim Morrison, drummer John Densmore, dan gitaris Robby Krieger. Nama band The Doors diambil dari buku karya Aldous Huxley, "The Doors of Perception".

The Doors adalah sebuah grup musik rock Amerika Serikat yang terbentuk pada tahun 1965 di kota Los Angeles, California, dengan vokalis Jim Morrison, keyboardis Ray Manzarek, drummer John Densmore dan gitaris Robby Krieger. Grup musik ini mengambil namanya dari judul buku The Doors of Perception karya Aldous Huxley.

Nama The Doors melambung karena reputasi Morrison sebagai penantang, pemberontak, simbol seks dan "penghibur" sejati di atas panggung. Dia menikmati hawa yang mengikutinya sebagai bintang, walaupun pada akhirnya dia merasa tertekan dengan keterbatasan hidupnya sebagai public figure.

Pada 8 Desember 1970, di ulang tahunnya yang ke 27, Morrison merekam sesi puisi lainnya. Ini merupakan titik balik bagi kehidupannya. Selama penampilan terakhirnya di Ware House, New Orleans- Lousiana pada 12 Desember 1970, Morrison yang mengalami penurunan mental, beberapa kali membanting mikrofon ke lantai panggung. Setelah keadaannya sedikit membaik, The Doors kembali ke akar dengan merilis album "L.A. Woman" ditahun 1971.

Bulan Maret 1971 Morrison pindah ke Paris untuk istirahat dari kegiatan panggungnya dan berkonsentrasi dengan tulisannya, berharap untuk dapat kembali hidup normal. Namun nasib berbicara lain. Morrison meninggal pada 3 Juli pada usia ke 27. ditemukan di bath tub oleh Curson kekasihnya. Menurut biografi yang ditulis Stephen Davis, dilaporkan Morrison ditemukan dengan darah kering di sekitar mulut dan hidungnya dan tanda besar di dadanya yang menandakan kalau penyebab kematiannya karena tuberculosis.

ELGI (PENDIDIKAN MUSIK, FBS, UNP)