Mohon tunggu...
Elfrida BungaVaneza
Elfrida BungaVaneza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Aktif fakultas hukum Universitas Katolik Parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hominisasi

5 Oktober 2022   09:18 Diperbarui: 5 Oktober 2022   09:46 52 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya mengikuti Hominisasi sesi ke 2 pada tanggal 2 Oktober 2022. Tiga hari sebelum kegiatan Hominisasi dimulai, kami diberikan tugas pra gladi berisikan beberapa pertanyaan. Pertama, kami diperintahkan untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya Stanza 3 dan mencari syair yang menarik dan memberikan alasannya. 

Kedua kami diperintahkan menonton video dokumenter yang menurut kami menarik dan menjawab beberapa pertanyaan. Pengerjaan tugas diberikan waktu sekitar 24 jam dan setelahnya kamu akan mendapatkan link zoom dan daftar kelompok. 

Dari tugas pragladi saja saya mendapatkan manfaatnya, yaitu saya jadi mengetahui dan mengenal kebudayaan-kebudayaan dan keunikan yang ada di Indonesia. Selain itu saya jadi tahu lagu indonesia raya 3 Stanza dan memahami makna lagu itu.

Selajutnya pada tanggal 2 Oktober, kegiatan Hominisasi di mulai. Kami memasuki room zoom pukul 7.45 dan ditayangkan video-video kebudayaan yang ada di Indonesia. Sekitar jam delapan kami berdoa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia raya 3 Stanza dan mars UNPAR. Lalu acara dimulai dengan perkenalan-perkenalan dari beberapa peserta dan para dosen dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari pihak penyelenggara gladi.

Lalu acara hominisasi di mulai. Kegiatan pertama kami mengerjakan quiz untuk lebih mengenal mengenai Indonesia dan kebudayaan-kebudayaannya. Setelah itu, kami masuk ke breakout room untuk berdiskusi dengan kelompok yang sudah ditentukan mengenai topik hari tanpa kekerasan Internasional. Lalu kami mempresentasikannya kepada yang lain.

Dan dari kegiatan kelompok itu kami belajar bagaimana berkomunikasi dan berprestasi dengan baik sehingga bisa dimengerti oleh orang lain.

Dari kegiatan Hominisasi yang sudah saya ikuti saya mendapatkan bahwa penting untuk berpikir menggunakan akal Budi sehingga bisa berpikir logis dan menjadi manusia yang utuh. Selanjutnya hominisasi mengajak kita untuk lebih mengenal dan mencintai negara dari segala seg khususnya budayai. Sebagai generasi muda penting untuk mengetahui dan mempelajari kebudayaan yang ada agar tetap terlestarikan dan tidak punah. Dan terakhir penting bagi kita untuk bisa berkomunikasi dengan baik.

Tentu saja kegiatan Hominisasi sangat bermanfaat untuk kuliah saya terutama pembelajaran mengenai komunikasi dan berpikir logis. Sebagai mahasiswa penting untuk berpikir logis dan kritis dalam mengikuti pembelajaran juga penting untuk menggunakan bahasa yang baik saat berbicara dan berkomunikasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan