Mohon tunggu...
Elfira Putri Zahra
Elfira Putri Zahra Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Teknologi di Masa Pandemi Covid-19

31 Juli 2021   06:45 Diperbarui: 31 Juli 2021   08:08 54 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teknologi di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Teknologi di Masa Pandemi Covid-19

            Teknologi adalah hal yang sangat diperlukan oleh manusia di era modern saat ini. Bersama dengan perkembangan zaman, teknologi telah banyak menguasai kehidupan masyarakat dan lingkungan di sekitar. Kehadiran teknologi juga membuat banyak pekerjaan manusia menjadi jauh lebih mudah. Kata teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara singkat, teknologi dapat diartikan sebagai penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan praktis dalam kehidupan manusia.

            Pada awal bulan Maret tahun 2020, Indonesia mulai diserbu oleh virus corona yang berasal dari negara China. Virus corona adalah virus yang mengarah ke sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut covid-19, virus covid-19 dapat menyebabkan gangguan ringan di sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Saat adanya virus Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia saat ini, yang dimana seluruh masyarakat indonesia harus membatasi kegiatannya. Kehidupan masyarakat pun mulai ternganggu, karena masyarakat dipaksa untuk stay at home atau dirumah saja. Kegiatan kerja, perguruan tinggi dan sekolah di Indonesia pun mengubah motode dengan cara dalam jaringan (daring) atau online.  

            Teknologi pada masa pandemi covid-19 ini sangat berperan penting dalam meringankan kegiatan selama daring. Mahasiswa dan siswa yang biasanya pergi ke sekolah atau kuliah dengan tatap muka dan sekarang diubah dengan cara daring melalui aplikasi yang ada di laptop atau di handphone. Begitu juga dengan pekerja kantoran yang biasanya kerja dengan pergi ke kantor, namun sekarang melakukan pekerjaannya dari rumah dengan cara daring pula. Di bidang kesahatan pun dilakukan secara daring seperti konsultasi, pasien yang biasanya pergi ke rumah sakit kini bisa dilakukan secara online. Pada pandemi covid-19 ini juga mengakibatkan perekonomian di Indonesia menurun. Para pedangang pun mulai gelisah karena dagangannya mulai sepi pembeli karena kegiatan di luar rumah di batasi. Tetapi, lewat adanya teknologi semua bisa tertangani, para masyarakat yang memiliki usaha bisa mempromosikan atau menawarkan dagangannya melalui internet. Mulai dari proses pemesanan, pembayaran dan pengiriman dilakukan secara online sehingga perekonomian masih berjalan dan protokol dari pemerintah tetap di patuhi.

            Adanya teknologi di masa covid-19 segala kegiatan masyarakat pun dipermudah, dalam menerima informasi dan berita dengan cepat. Dalam gaya hidup masyarakat yang baru juga dilakukan dengan belanja online, dengan melalui berbagai marketplace yang berperan sebagai pihak ketiga atau perantara antara penjual dan pembeli untuk mempermudah melakukan transaksi jual beli secara online.

Adapun teknologi atau aplikasi yang sekarang banyak di gunakan oleh masyarakat yaitu aplikasi ojek online, dengan adanya aplikasi tersebut telah mempermudah masyarakat dalam melakukan semua pembelian atau transaksi. Melalui aplikasi tersebut dapat melakukan pembelian secara online, seperti mengantar barang, membeli obat, membeli sayuran, keperluan dapur, dan juga membeli makanan. Semua informasi atau berita pun diberikan melalui teknologi dengan via website dan sosial media yang dikelola langsung oleh pemerintah. Sehingga masyarakat pun dapat mengetahui dan mendapatkan informasi lebih mudah dan cepat dan terpercaya. Para artis dan seniman pun mempromosikan dan mempublikasikan karya yang biasanya mengadakan konser dengan tatap muka di gedung atau di sebuah tempat namun sekarang dilangsungkan dengan cara virtual atau online.

            Dengan adanya teknologi di masa pandemi ini telah memberikan kita berbagai kemudahan melalui aplikasi dan platform yang kreatif selagi kita stay at home dan work from home. Masyarakat pun dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam memanfaatkan teknologi ini dengan baik. Dengan demikian masyarakat senantiasa berinovasi untuk memajukan teknologi di masa pandemi ini. Kebijakan pemerintah pun tetap dipatuhi dan kesehatan tetap terjaga pula, semoga wabah ini segera berakhir dan kita bisa melakukan kegiatan seperti semula.

       

DAFTAR PUSTAKA

 

Khulafa Pinta Winastya. (2021). Teknologi Adalah Ilmu Pengetahuan Untuk Mencapai Tujuan Praktis, Simak Jenisnya. https://www.merdeka.com/trending/teknologi-adalah-ilmu-pengetahuan-untuk-mencapai-tujuan-praktis-simak-jenisnya-kln.html  (25 Juli 2021)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x