Mohon tunggu...
Elfara Annesca
Elfara Annesca Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi Ekonomi Islam UINSU

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Bagaimana Sih Cara untuk Menambah Pendapatan di Tengah Pandemi Covid-19

14 Agustus 2020   14:48 Diperbarui: 14 Agustus 2020   15:47 44 0 0 Mohon Tunggu...

Setiap harinya penyebaran virus corona semakin bertambah. Adapun berdasarkan data pada akun instagram bnpb_indonesia yang saya baca Rabu (12/08/2020), tercatat sudah ada 1.942 kasus baru. Sehingga total kasus virus corona di Indonesia ini mencapai 130.718 orang.

Hal ini tentunya membuat masyarakat panik karena virus ini dapat menular sangat begitu cepat, tanpa disadari. Saat ini, pemerintah pusat maupun daerah telah berusaha untuk mengurangi rantai penyebaran virus corona dengan kebijakan agar tetap dirumah aja, pemerintah mengimbau supaya kita menjauhi tempat-tempat keramaian untuk mencegah penyebaran virus corona.

Jelas hal ini membuat perekonomian kita berdampak negatif. Apalagi dengan adanya 1,8 juta pekerja yang terpaksa di PHK. Oleh karena itu kita harus bisa beradaptasi agar bisa melalui kondisi seperti saat ini. Atau kita bisa mengurangi pengeluaran akibat dari PHK ini.

Nah dalam mengatur keuangan, upaya menambah pemasukan juga sangat diperlukan untuk membantu kita keluar dari kesulitan keuangan. Apa pun itu kondisinya, baik saat kita kesulitan karena utang maupun saat terkena PHK.

Berikut ini cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menambah pundi-pundi uang di tengah pandemi covid-19.

1. Menjual barang bekas/preloved
kita bisa menjual barang-barang bekas yang masih bernilai bagus atau sudah cukup lama tidak kita gunakan lagi, kita bisa memotret dan menjualnya di media sosial, apalagi saat pandemi ini semuanya serba online.

2. Berjualan Online
Kita bisa menjual pakaian, tas, dan lain-lain yang berhubungan dengan fashion. Karena fashion merupakan produk yang paling diminati banyak orang saat berbelanja online, apalagi sekarang ini untuk membuat olshop tidak sulit, kita bisa memanfaatkan marketplace yang ada seperti shopee dll atau kita bisa memanfaatkan sosial media.

3. Menjadi Dropshipper atau Reseller
Nah dropship atau reseller ini adalah solusi yang tepat bagi kita yang mau berbisnis online tetapi terkendala dalam permodalan. Karena sistem ini kita bisa menjual barang milik orang lain, yang penting kita harus rajin posting di sosial media

4. Menjadikan keterampilan menjadi usaha sampingan
Pekerjaan utama kita pasti bisa diubah menjadi usaha sampingan, misalnya kita seorang guru yang bekerja di sekolah, dengan ini bisa membuka les privat di rumah

5. Membuat Channel Youtube
pasti di tengah pandemi covid-19 ini kita semua pada bingung kan mau melakukan apa.. nah kita bisa menuangkan kreativitas kita di youtube. Kita bisa mulai aja dulu melalui ponsel, jika kita bisa serius disini tentu nantinya bisa menghasilkan uang

6. Mengisi Survei Online
Banyak situs di internet yang menawarkan survei online berbayar, biasanya survei ini dilakukan perusahaan yang ingin mengetahui opini masyarakat terhadap produk yang dijual. Dengan kita mengisi survei pada situs tersebut, kita bisa mendapatkan uang atau berupa voucher belanja, pulsa dan lain-lain

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menambah pendapatan di tengah pandemi covid-19 saat ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, tetap semangat dan jaga kesehatan ya..

Penulis:
Elfara Annesca mahasiswi Ekonomi Islam UINSU, kelompok 38 KKN-DR

VIDEO PILIHAN