Mohon tunggu...
Idris Salam
Idris Salam Mohon Tunggu...

Guru|Belajar mengembangkan literasi dan menyalurkan hobi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Manfaat dan Khasiat dari Pohon Jarak

18 Januari 2018   21:51 Diperbarui: 18 Januari 2018   23:26 0 0 0 Mohon Tunggu...
Manfaat dan Khasiat dari Pohon Jarak
filosopicinta.blogspot.com

Seiring perkembangan jaman yang semakin berubah dan  semakin modern, maka perkembangan teknologipun semakin canggih. 

Tidak terlepas dengan hal yang demikian banyak cara instan yang telah dilakukan oleh manusia dalam mengkonsumsi atau memilih obat yang cocok untuk dirinya. 

Jaman dahulu banyak orang yang menggunakan obat-obatan tradisional atau yang disebut obat herbal yang bahannya dibuat dari bahan alami tumbuhan. 

Untuk mengkonsumsinya pun tidak ada efeksamping yang membahayakan bagi tubuh. Seiring perkembangan jaman modern obat tradisional atau herbal sudah sedikit yang menggunakannya, padahal kandungan tanaman jarak banyak mengandung banyak manfaat diantaranya :

a.       Mengandung Flavonoid dan saponin serta kandungan jatrophie yang bersifat anti jamur.

b.      Pada bagian daun jarak pagar ditemukan senyawa kaemfesterol, amirin dan teraksrol.

c.   Sedangkan pada biji tanaman jarak telah ditemukan kandungan -glukanase yang memilki aktifitas antifungi, toksalbium dan curcin yang tidak hanya memilki aktivitas sebagai anti fungi, tetapi kandungan kimia ini juga bermanfaat sebagai antikanker.

d.   Ampas dari biji jarak yang sudah diperas, minyaknya yang mengandung nitrogen, fosfat dan kalium.

e.       Kulit batang jarak pagar mengandung tanin, malam, resin dan saponin.

Dari manfaat diatas dapat disimpulkan bahwa kandungan dan manfaatnya pun banyak tidak ada efek samping untuk menggunakannya dibanding obat-obatan kimia yang sekarang tengah beredar, untuk lebih tahu lebih jauh akan dipaparkan manfaat tanaman jarak bagi kesehatan :

 A. Keputihan pada bayi, pada bayi yang sedang menyusui biasanya terdapat keputihan yang menempel pada langit-langit lidah. Hal ini yang menyebabkan bayi tidak mau untuk menyusui dan berat badannya cenderung naik. Untuk mengatasinya bisa memanfaatkan getah daun jarak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x