Mohon tunggu...
Elda Marina Sibuea
Elda Marina Sibuea Mohon Tunggu... Mahasiswi

Sedang merangkak menuju sesuatu. Temui saya di berbagai media sosial. Salam!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Nggak Perlu Begadang, Ini 5 Jurus Jitu Bikin Skripsi Kamu Cepat Selesai

23 Mei 2020   12:00 Diperbarui: 28 Mei 2020   14:35 21 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nggak Perlu Begadang, Ini 5 Jurus Jitu Bikin Skripsi Kamu Cepat Selesai
pexels.com

Pasti sudah tidak asing, dong, dengan istilah skripsi? Yup, skripsi adalah salah satu karya tulis ilmiah yang wajib kamu kerjakan sebagai salah satu syarat kelulusan universitas. Tapi, apakah mengerjakan skripsi harus sampai bergadang? Jawabannya, enggak! Enggak percaya? Yuk, simak. Ge punya 5 jurus jitu yang dijamin bakal bantu kamu menyelesaikan skripsi tanpa harus bergadang.

  • Konsisten

Semua pekerjaan akan selesai tepat waktu jika kamu konsisten dalam mengerjakannya. Begitu juga dengan skripsi. Buat jadwal harian untuk mengerjakan skripsi. Misalkan, dalam satu hari kamu akan mengerjakan skripsi selama 4 jam yang dimulai dari pukul 13:00 – 17:00 WIB. Nah, kamu bisa menggunakan jadwal tersebut secara rutin dari hari Senin sampai Minggu. Memang tidak mudah, tapi yakin kamu pasti bisa!

  • Tidak Banyak Terdistraksi

Yup, ketika sedang mengerjakan skripsi kita sering kali terdistraksi. Misalnya, terdistraksi dengan media sosial. Awalnya sih bilang, “Sebentar aja.” Eh, malah keterusan. Nggak heran kalau skripsi jadi terbengkalai dan baterai laptop keburu habis karena keasyikan buka Youtube. Nah, penting banget, lho, untuk menahan diri. Bayangin, deh. Masa iya, skripsi kamu nggak kelar hanya karena keasyikan dengan media sosial?

  • Tidak Menunda Pekerjaan

Biasakan diri untuk tidak menunda pekerjaan, yuk? Anggap saja jika kamu menunda mengerjakan skripsi satu hari, kamu akan lulus satu hari lebih lama. Selain menunda kelulusanmu, menunda mengerjakan skripsi bakal bikin kamu makin malas. Yup, kebiasaan menunda bakal bikin kamu keterusan melakukan hal serupa. Ujung-ujungnya malah “sistem kebut semalam” alias SKS.

  • Harus Memiliki Target

Kalau merasa kurang termotivasi, yuk, coba ingat kembali target yang ingin kamu capai setelah menyelesaikan skripsi. Dengan memiliki target, kamu tidak akan terlalu terbebani dengan skripsi yang harus kamu selesaikan. Bahkan, kamu akan dengan senang hati mengerjakannya di waktu senggang. Belum punya target? Kamu bisa menjadikan “menyelesaikan skripsi” sebagai target. Yakin, enggak mau menghasilkan sesuatu sebelum lulus?

  • Jangan Mudah Menyerah

Kunci dari menyelesaikan skripsi adalah jangan mudah menyerah. Duh, say no more dengan kata “menyerah”! Ketika merasa ingin menyerah, kamu bisa ambil waktu sejenak untuk refreshing. Misalnya, kamu bisa makan jagung bakar dengan teman-teman untuk menghilangkan rasa penat. Hal itu wajar terjadi, kok. Kebanyakan mahasiswa merasakan hal serupa karena bosan dan lelah. Maka dari itu, seimbangkan semangatmu dengan mengambil waktu untuk rehat sejenak. Eits, tapi jangan keasyikan dan malah menunda pekerjaan, ya.

pixabay.com
pixabay.com
Nah, itu dia jurus jitu yang bakal bikin skripsi kamu cepat selesai tanpa harus bergadang. Memang tidak mudah, tapi yakin kamu akan bangga dan puas ketika bisa menaklukkan jurus-jurus tersebut. Just be sure you can do it. Semangat!

VIDEO PILIHAN