Mohon tunggu...
Elang Maulana
Elang Maulana Mohon Tunggu... Dengan kata hidup lebih bermakna

Hanya manusia biasa yang mencoba untuk bermanfaat, bagi diri dan orang lain..

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Gara-gara Virus Corona, Cina dan Hongkong Batal Ikuti Kejuaraan Badminton Beregu Asia

9 Februari 2020   22:07 Diperbarui: 9 Februari 2020   22:19 191 37 3 Mohon Tunggu...
Gara-gara Virus Corona, Cina dan Hongkong Batal Ikuti Kejuaraan Badminton Beregu Asia
CNNIndonesia


VIRUS corona yang meresahkan seluruh masyarakat dunia memang sangat berdampak negatif. Tidak hanya terhadap faktor kesehatan, melainkan merambah juga ke bidang lainnya termasuk olahraga.

Bukti sahih dari negatifnya dampak virus yang telah menelan ratusan korban jiwa ini dirasakan langsung oleh kontingen bulutangkis Cina dan Hongkong.

Kedua negara ini tidak bisa mengikuti kejuaraan bulutangkis beregu Asia yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 hingga 16 Februari 2020 di Filipina. Karena tidak mendapat visa untuk masuk ke negara yang saat ini dipimpin Rodrigo Duterte tersebut.

Kepastian tidak bisa berkecimpungnya Cina dan Hongkong pada kejuaraan beregu putra dan putri tingkat Asia ini juga dibenarkan oleh Anton Subowo yang menjabat sebagai Presiden Badminton Asia.

"Tim China dan Hong Kong tidak bisa berpartisipasi dikarenakan kebijakan pemerintah Filipina untuk menjaga penyebaran virus corona. Sehingga tidak bisa memberikan visa untuk warga China dan Hong Kong," ucap Anton kepada CNNIndonesia.com.

Sebenarnya, supaya Cina dan Hongkong bisa mengikuti kejuaraan badminton beregu Asia sudah coba diupayakan. Seperti tercatat dalam rilis yang dikeluarkan oleh Badminton Asia, pihak-pihak terkait seperti halnya Badminton Asia sendiri, Asosiasi Badminton Filipina dan Badminton World Federation (BWF) sudah berusaha keras untuk mendapatkan visa masuk bagi kedua negara tersebut. Tetap saja, segala usaha itu tidak membuahkan hasil.

Pasalnya, ini tidak lepas dari adanya peraturan karantina selama dua minggu atau 14 hari bagi para pendatang dari Cina dan Hongkong, membuat kedua negara bertetangga ini tidak mungkin bisa bermain pada kejuaraan Badminton beregu Asia.

Beregu Putra Indonesia Berada Di Grup A

Dengan sudah dipastikannya Cina dan Hongkong tidak bisa ikut berpatisifasi pada kejuaraan Badminton beregu Asia, yang akan diselenggarakan di Filipina pada tanggal 11 hingga 16 Februari 2020 ini, setidaknya membuat saingan berat untuk kontingen beregu putra Indonesia berkurang. 

Bagaimanapun, saat ini Cina masih diakui sebagai tim paling kuat dibanding dengan tim peserta lainnya.

Kontingen bulutangkis beregu putra Indonesia pada kejuaraan Asia kali ini bergabung di Grup A bersama tim yang di atas kertas mampu di atasi, yakni India dan tuan rumah Filipina. 

Tidak salah, jika tim beregu putra menjadi unggulan dan dijagokan untuk lolos dari babak penyisihan Grup A.

Kendati demikian, kontingen Beregu putra Indonesia yang menurukan skuad terbaiknya, seperti Jonatan Christie, Anthony Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tidak boleh jumawa dan tetap waspada, terutama dengan tim dari India.

Kontingen bulutangkis beregu putra dari negara industri film Bollywood ini memiliki lapisan pemain tunggal putra yang cukup kuat serta para pemain ganda putra yang sering kali jadi kuda hitam pada kejuaraan-kejuaraan yang diagendakan BWF.

Berikut hasil undian lengkap kejuaraan Bulutangkis beregu Asia :

Beregu Putra

Grup A: Indonesia, India, Filipina
Grup B: China, Thailand, Hong Kong
Grup C: Taiwan, Malaysia, Singapura
Grup D: Jepang, Korea Selatan, Kazakhstan

Beregu Putri

Grup W: Jepang, Malaysia, Hong Kong
Grup X: Korea Selatan, India, Kazakhsthan
Grup Y: Thailand, Indonesia, Filipina
Grup Z: China, Taiwan, Singapura

Wassallam

Referensi : satu, dua

VIDEO PILIHAN