Mohon tunggu...
Siti Nur Laila
Siti Nur Laila Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Jember, Program Studi Pendidikan Agama Islam

Mahasiswa IAIN Jember Program Studi Pendidkan Agama Islam 2018 A2

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Problematika Guru di Era Covid-19

31 Maret 2020   23:31 Diperbarui: 10 April 2020   20:24 140 10 13 Mohon Tunggu...

Pada kondisi yang seperti ini yakni dengan munculnya virus Covid-19 atau virus Corona yang mematikan ini banyak menimbulkan problematika dalam aktivitas sehari-hari yakni dalam bidang perekonomian, social, spiritual, bahkan untuk masalah pendidikanpun terganggu khususnya pada guru. Banyak dampak yang ditimbulkan instansi-instansi pendidikan ditutup, alhasil yang terjadi kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah saja. Disini guru sangat kesulitan dalam melakukan pembelajaran jalan alternatifnya menggunakan media social untuk metode pembelajarnya.

 Namun, permasalahn ini tidak tuntas disini, karena banyak sekali kendala yang ditimbukan dari media pembelajaran melalui social media ini seperti : Kendala kuota, sinyal, pemahaman, bahkan keterbatasan alat elektronik. Tidak banyak sekolah-sekolah menerapkan pembelajaran yang seperti ini, namun juga sudah banyak yang menerapkannya. 

Ketika libur panjang yang terjadi seperti saat ini banyak guru yang menggunakan aplikasi Zoom, ClassRoom untuk metode pembelajarannya ada pula yang membikin grup WA (WatsApp) yang berisi siswa perkelas, namun juga ada untuk kalangan sekolah dasar elit guru membuat grup WA yang berisi wali murid. Di dalam grup tersebut guru memberikan tugas terhadap siswanya agara tetap belajar selama libur panjang ini, dan selalu dalam wawasan seorang guru dan orangtua.  

Pembelajaran yang dilakukan ketika menggunakan media social jelas tampak perbedaannya dengan di kelas yang jelas jamnya kapan masuk dan ke luar kelasnya. Pada saat kelas online berjalan, selama 24 jam guru harus siap siaga dalam menjawab soal-soal yang di ajukan oleh siswanya yang terkait pembelajaran yang diberikan. 

Banyak sekali siswa yang mengeluh atas penerapan sistem pembelajaran online, ternyata bukan hanya siswa yang mengeluh, gurupun juga merasakan hal yang sama oleh siswa atas keadaan yang terpaksa harus dijalani. Tidak ada jalan keluar untuk mengatasi masalah ini, yakni tetap semangat belajar tanpa putus asa dan  mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru kita. 

Semoga virus Covid-19 ini segera hilang dan kita bisa beraktifitas kembali seperti sedia kala.
Terimakasih semoga bermanfaat
Siti Nur Laila

VIDEO PILIHAN