Mohon tunggu...
Ela Havita Febrianti
Ela Havita Febrianti Mohon Tunggu... Guru - Pengagum Aksara

Menulis adalah salah satu cara saya untuk dapat mengekspresikan perasaan yang tidak mampu diungkapkan melalui lisan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Model Pembelajaran Project Based Learning

30 Juni 2021   17:40 Diperbarui: 30 Juni 2021   18:04 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Model Pembelajaran Project Based Learning

Oleh : Ela Havita Febrianti

Nim : 181011500066

FKIP PPKn

Universitas Pamulang

Ini adalah salah satu jenis model pembelajaran masa kini yang akan membantu siswa menjadi lebih kreativ dan inovatif. Dalam Project Based Learning, peserta didik diminta untuk memahami materi dan membuat proyek untuk kemudian dipresentasikan bersama.


Dengan menggunakan model pembelajaran jenis ini diharapkan dapat melatih keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan berjalan dengan lebih baik karena adanya interaksi antara sesama peserta dan guru yang berperan sebagai motivator.

Dalam hal ini, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi potensi yang dimilikinya dengan harapan pola pikir mereka menjadi lebih kritis. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan terdapat timbal balik antara guru dan peserta didik.

Selain itu dengan penerapan model pembelajaran jenis ini diharapkan dapat melatih kemampuan peserta didik untuk memiliki public speaking yang baik. Dimana kemampuan ini tidak dapat diraih secara instan, oleh karenanya perlu adanya pembiasaan untuk melatih kemampuan tersebut. Butuh proses yang tidak sebentar untuk menimbulkan kebiasaan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, siswa melaksanakan seluruh aktivitas mulai dari persiapan pelaksanaan proyek mereka hingga melaporkannya sementara guru memonitor dan memantau perkembangan proyek kelompok-kelompok siswa dan memberikan pembimbingan yang dibutuhkan. Pada tahap berikutnya, setelah siswa melaporkan hasil proyek yang mereka lakukan, guru menilai pencapaian yang siswa peroleh baik dari segi pengetahuan (knowledge terkait konsep yang relevan dengan topik), hingga keterampilan dan sikap yang mengiringinya. 

Terkahir, guru kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksi semua kegiatan (aktivitas) dalam pembelajaran berbasis proyek yang telah mereka lakukan agar di lain kesempatan pembelajaran dan aktivitas penyelesaian proyek menjadi lebih baik lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun