Mohon tunggu...
Sutrisno S Parasian Panjaitan
Sutrisno S Parasian Panjaitan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kaizen | Complex being | Miscellaneous

Be Better. Maksimalkan Potensi.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Aku Ingin Melindungi Keluargaku

24 November 2023   23:38 Diperbarui: 25 November 2023   01:15 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Ada sebuah pemikiran yang berkembang dan tersebar di social media yang mengatakan kalau kita harus menghindari orang-orang yang tidak memiliki semangat bertumbuh. Ini sedikit mengganggu diriku karena orang terdekatku saat ini, adik-adikku, kurang memiliki semangat tersebut. Mungkin kalau itu orang lain, aku sepakat dengan hal tersebut. Tapi jika itu adalah adik-adikku maka lain cerita.

Adik-adikku mempunyai kekurangan dan mungkin itu lah alasan yang membuat mereka tidak memiliki semangat bertumbuh. Kaki mereka rekhitis (kaki x) sehingga mereka terkendala dalam hal penampilan dan dalam bergerak. Selain membuat mereka kurang semangat bertumbuh aku melihat kalau mereka juga kurang percaya diri untuk tampil di depan publik dan juga cenderung pasrah dengan keadaan. Padahal secara prestasi selama bersekolah mereka tidak lah buruk bahkan sangat bagus, khususnya adikku yang paling kecil.

Sebagai seorang Abang, aku ingin membuat kepercayaan diri adik-adikku meningkat, setidaknya aku bisa memastikan jalan mereka untuk berkembang tidaklah tertutup. Saat ini mereka semua memang bekerja, tapi tidak terlihat kalau mereka punya hasrat untuk berkembang. Mereka lebih terlihat pasrah dengan keadaan dan yang penting bisa jalan. Jujur saja karirku sendiri pun sebenarnya naik turun, tapi aku akan pertaruhkan apapun supaya mendapatkan kesempatan yang jauh lebih baik lagi. Itu lah semangat hal yang tidak dimiliki adik-adikku.

Aku berharap, seandainya aku punya kesempatan menikah dan sebelum hal itu terjadi, aku sudah bisa memastikan adik-adikku bisa berkembang dan membuat rencana untuk mengcover perkembangan kami semua. Sehingga nanti ketika menikah, adikku tidak perlu datang kepadaku untuk meminta uang kemudian dilihat oleh istriku. Ya, aku hanya menjaga jangan sampai adik-adikku disepelekan bahkan kalau itu istriku sendiri. Meskipun itu terdengar seolah olah aku curiga kepada istriku kelak, namun akan lebih baik jikalau dari awal aku menjaga hal tersebut.

Kendala yang ku hadapi sekarang ialah gap yang cukup jauh antara keadaan saat ini dan keadaan yang perlu ku raih. Aku perlu meraih keadaan sukses itu agar bisa mensuport adik-adikku dan membuat mereka mau mengikuti arahanku.

Saling tolong menolong dalam keadaan apapun, itu lah yang ingin ku bangun. Menjadi sukses adalah langkah awal mengamankan keluarga kecilku saat ini( adik-adik dan mama) dan juga menjamin keluargaku di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun