Mohon tunggu...
Ekriyani
Ekriyani Mohon Tunggu... Guru

Pembelajar di universitas kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Tekno

E-Training Online Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia Sebagai Salah Satu Tempat Latihan Pengembangan Kompetensi Guru

3 Mei 2017   17:07 Diperbarui: 13 Mei 2017   09:53 154 2 0 Mohon Tunggu...

Di era digital seperti sekarang ini, sepantasnya lah seorang guru dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Bagaimana tidak, derasnya laju informasi dan komunikasi yang bahkan tak terbendung bagaikan air bah, mau tidak mau manusia terutama guru seyogyanya mengikuti alur tersebut sepanjang bernilai positif yang dalam artian seorang guru harus terpacu untuk terus melangkah maju dalam upaya meningkatkan kualitas dirinya sebagai pendidik. Banyak hal yang bias kita kembangkan dari segala pengetahuan yang berkaitan dengan informasi dan teknologi (IT) untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah. 

Dengan adanya kepahaman terhadap IT, Insya Allah sedikit atau tidaknya akan jauh bisa membantu para guru dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas, mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan teknik, metode pengajaran, bahkan sampai pada penilaian terhadap kemampuan peserta didik. Sehingga dengan bantuan atau kemudahan yang ada dalam bidang IT, semua pekerjaan guru juga akan jauh lebih dipermudah.

Dengan memperhatikan begitu banyaknya manfaat yang bisa kita rasakan dari berbagai kemajuan di bidang IT bagi para guru, jadi sepantasnyalah para guru untuk selalu meng-update pengetahuannya seperti mengenai kurikulum, bahan ajar, ataupun penilaian yang sangat penting. 

Oleh karena itu, para guru ditantang untuk selalu mau meningkatkan kompetensi agar selalu bisa mempersembahkan yang terbaik buat anak-anak didiknya. Mulai dari bagaimana teknik dan metode guru dalam menyampaikan bahan ajar yang bersifat unik, interaktif, kreatif dan inovatif sehingga anak didik merasakan bahwa belajar itu sesungguhnya adalah sesuatu yang menyenangkan. Terlebih pada mata pelajaran eksak yang sejak dulu dianggap pelajaran yang membosankan bahkan menakutkan.

Bagaimana upaya kita sebagai guru bisa membuat anak-anak didik kita bisa belajar dengan menyenangkan?, tentu hal tersebut adalah tergantung pada kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru. Dalam kaitannya dengan IT tadi, sebaiknya seorang guru bisa mempertimbangkan, atau memilih dari jenis bahan atau materi ajar, teknik ataupun metode yang tepat untuk bahan ajarnya. 

Salah satu media IT yang dapat membantu para guru dalam penyampaian bahan ajar yang unik,  interaktif, kreatif, dan inovatif adalah diantaranya dengan menggunakan aplikasi bahan ajar. Ada banyak aplikasi untuk merepresentasikan bahan ajar secara unik, interaktif, kreatif dan inovatif yang bisa dimanfaatkan oleh seorang guru, dan dalam mengoperasikannya pun cukup mudah pengoperasiannya yang bersifat “kekinian” dan hal itu menjadi sebuah daya tarik tersendiri oleh para guru pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya.

Untuk mewujudkan banyaknya harapan para guru di Indonesia agar bisa memompa semangat dalam upaya meningkatkan kompetensinya, maka salah satu wadah pelatihan yang tepat adalah E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia yang didirikan dan dimentori oleh pak Sukani, The Winner Of  GURARU Tahun 2013. E-Training Online Guru Melek IT sudah banyak menghasilkan peserta lulusan yang menjadi mumpuni dan sukses sebagai guru dalam dunia pendidikan. Insya Allah, sekali saja ikut kegiatan E-Training, maka akan sangat terasa banyaknya ilmu dan kepahaman  yang didapatkan dalam hal IT demi menunjang kesuksesan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Jadi, jangan ragu untuk segera bergabung dalam kegiatan E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia mumpung Allah Swt masih memberikan kesehatan, waktu yang cukup lapang, dan biaya yang cukup. Sekali ikut DOGMIT akan merasakan bahwa DOGMIT itu bagaikan “candu” di era digital sekarang ini.

VIDEO PILIHAN