Mohon tunggu...
Eko Windarto
Eko Windarto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

esai

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pentingnya Literasi dalam Agama dan Sains

29 April 2024   09:23 Diperbarui: 29 April 2024   16:31 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Oleh: Eko Windarto 

Tulisan tentang literasi digital dalam agama dan sains semakin penting di era digital saat ini. Informasi yang beredar sangatlah luas dan cepat, sehingga tidak jarang konten yang salah atau tidak akurat mendapatkan banyak perhatian. 

Hal ini tentu menjadi perhatian khusus, terutama dalam hal agama dan sains. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pendidikan literasi digital yang baik dalam kedua bidang tersebut agar masyarakat dapat memahami informasi dengan benar dan tepat serta dapat menghindari berita palsu dan hoaks. 

Di sisi lain, literasi digital juga membuka peluang besar untuk mendapatkan informasi dengan lebih mudah dan cepat, memperluas wawasan di bidang agama dan sains, serta memudahkan akses pada sumber belajar dan riset. 

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang pentingnya literasi digital dalam agama dan sains dan bagaimana masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik.

Pentingnya Literasi Digital dalam Agama dan Sains


Dalam era digital saat ini, seseorang harus mampu memilah informasi yang benar atau tidak dengan baik. Hal tersebut diperlukan agar informasi yang didapatkan akurat dan tidak salah, khususnya dalam konteks agama dan sains. Salah satu contoh pentingnya literasi digital di dalam agama adalah pada masalah fatwa atau hukum agama. 

Seorang Muslim yang ingin mengetahui tata cara shalat, contohnya, dapat menemukan banyak referensi di internet. Namun tidak semua referensi tersebut benar dan bisa dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, literasi digital sangat diperlukan dalam memfilter informasi yang benar dan tepat.

Di dunia sains, literasi digital juga sangat diperlukan agar seseorang dapat memahami dan mengetahui informasi secara benar. Seorang peneliti dapat memanfaatkan sumber belajar dan riset dengan lebih mudah untuk membantu penelitiannya. Literasi digital sangat penting terlebih lagi karena sumber informasi saat ini sangatlah luas.

Pentingnya Pendidikan Literasi Digital

Agar masyarakat dapat memahami dan memanfaatkan literasi digital dengan baik, maka perlu adanya pendidikan yang baik dan benar. Pendidikan literasi digital ini sebaiknya dimulai sejak dini, misalnya dengan mengajarkan anak tentang penggunaan internet yang aman dan benar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun