P3E Suma (Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku)-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
P3E Suma (Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku)-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Alamat Kantor: Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 17 Makassar Tlp. 0411-555701,702 Fax.0411-555703

Selanjutnya

Tutup

Hijau

Lari Lintas Alam dan Konservasi Lingkungan di Buyan Jungle Run II

9 Agustus 2017   07:06 Diperbarui: 9 Agustus 2017   07:19 315 0 0
Lari Lintas Alam dan Konservasi Lingkungan di Buyan Jungle Run II
Lari Lintas Alam dan Konservasi Lingkungan di Buyan Jungle Run II (Sumber gambar: Humas KLHK)

Perlombaan lari lintas alam bertajuk "Buyan Jungle Run II" dihelat di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Danau Buyan - Danau Tamblingan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, (6/8/2017). Tidak kurang dari 200 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri bersaing untuk memperebutkan hadiah total Rp. 30 juta. Para peserta menempuh jarak 10 kilometer melintasi kawasan "danau kembar" yang dikenal memesona karena keindahan alamnya yang masih sangat alami, nuansanya yang tenang, dan damai.

Yang menarik dari lomba ini, disamping melakukan aktivitas olahraga, peserta disuguhkan panorama alam yang begitu indah khas objek wisata di Bali dengan kesegaran udara yang tidak mudah ditemukan saat berlari di areal perkotaan. Peserta juga diajak ikut melakukan penanaman bibit cemara pandak (Dacrycarpus imbricatus) dan penebaran benih ikan di Danau Buyan.

Pada kesempatan ini, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Aalam dan Ekosistem (KSDAE), Wiratno, hadir untuk membuka sekaligus melepas keberangkatan peserta lomba, dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang.

"Melalui lomba Buyan Jungle Run II ini, peserta lomba diharapkan turut menjaga kelestarian hutan dan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah organik dan anorganik, hemat energi air dan listrik, menggunakan barang yang mudah didaur ulang (Reduce, Reuse, Recycle), menghindari penggunaan kantong plastik dan menanam pohon,"ujar Wiratno.

Untuk kedua kalinya eventini digelar oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali sebagai rangkaian agenda Road to Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2017 dan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

HKAN Tahun 2017 yang bertema "Konservasi Alam -- Konservasi Kita" ini merupakan peringatan yang digelar setiap tanggal 10 Agustus. HKAN diadakan sebagai upaya kampanye gerakan konservasi alam Indonesia yang melibatkan peran nyata publik dalam rangka menyelamatkan keanekaragaman hayati, kawasan hutan konservasi, dan lingkungan hidup di Indonesia.

Kementerian LHK mengajak peran aktif semua pihak untuk secara sadar dan gembira melaksanakan kegiatan konservasi dalam tiap aktivitasmelalui "Buyan Jungle Run II". Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dari keberadaan kawasan hutan konservasi terhadap masyarakat sekitar.

Di penghujung lomba dihasilkan masing-masing 10 pemenang untuk kategori Putra dan Putri. DI kategori putra, pemenangnya yaitu Samgar Kamlasi, Elius Palunsu, Risen Niak, Putu Andika Andryawan, I Dewa Made Wira Adjana, I Wayan Andika Supariyatna, I Nyoman Suarsana, Komang Deni Gunawan, I Dewa Nyoman Alit Yuda, dan Kadek Wahyu Adnyana.

Sedangkan untuk kategori putri yaitu Ni Ketut Cita, Ni Nengah Mariani, Ni Kadek Juniarti, Ni Made Widiastri, Endang Suryani, Stephanie Zanasi, Sayu Bella Sukma Dewi, Yovita Puspasari, Ni Komang Tantri, dan Ni Kadek Dwi Nopitasari.