Eko Wahyudi
Eko Wahyudi

Hidup ini tergantung pikiran kita!\r\n\r\nMari berpikir positif :)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengertian Kreatif dan Inovatif

26 Oktober 2013   20:25 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:00 223746 5 3

Apakah Kreatif itu? Apakah Inovatif itu?

Kata kata kreatif dan inovatif sangatlah familiar ditelinga kita, tetapi banyak diantara kita yang tidak mengetahui akan arti kreatif dan inovatif. Sekarang saya akan memberikan penjelasan tentang arti kreatif dan arti inovatif, artikel ini saya kutip dari inginhilangingatan.wordpress.com.
Semoga artikel dibawah ini bermanfaat....

KREATIF



Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang member kesempatan individu untuk menciptakan ide2 asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang” (Widyatun,1999)

Kreatifitas adalah kemampuan untuk menentukan pertalian baru, melihat subjek dari perspektif baru, dan menentukan kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah tercetak dalam pikiran” (James R. Evans, 1994)

Kreatifitas adalah suatu kemampuan berpikir ataupun melakukan tindakan yang bertujuan untuk mencari pemecahan sebuah kondisi ataupun permasalahan secara cerdas, berbeda (out of the box), tidak umum, orisinil, serta membawa hasil yang tepat dan bermanfaat” (inginhilangingatan, 2009)

INOVATIF



"Inovatif yaitu Usaha seseorang—dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya—dalam menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri ataupun lingkungannya."

"Inovatif yaitu Kemampuan seseorang dalam mendayagunakan kemampuan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru."

"Berpikir inovatif yaitu Proses berpikir yang menghasilkan solusi dan gagasan di luar bingkai konservatif."

Syarat-syarat berpikir inovatif

– Elastisitas yang tinggi

– Produktivitas yang tinggi

– Orisinalitas yang tinggi

– Sensitivitas yang tinggi

Syarat-syarat inovasi

– Menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.

– Menghasilkan produk yang relatif baru.

– Menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan individu ataupun kelompok.

Inovatif adalah suatu kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang benar-benar baru yang orisinil, serta bermanfaat bagi banyak orang” (inginhilangingatan, 2009)

Dari artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, kita dituntut untuk memiliki jiwa yang kreatif inovati karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita.