Mohon tunggu...
Eko Ferdiyantho
Eko Ferdiyantho Mohon Tunggu... Lainnya - Karyawan swasta yang enggak karyawan-karyawan amet.

Kadang suka nulis, tapi banyak malesnya.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Jokowi Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal, E-Commerce Ini Siap Bantu Mewujudkannya

8 Maret 2021   10:30 Diperbarui: 9 Maret 2021   10:48 141 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jokowi Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal, E-Commerce Ini Siap Bantu Mewujudkannya
Sumber : cnnindonesia

Sehubungan dengan program peningkatan ekonomi Indonesia, Presiden Joko Widodo menyerukan ajakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia salah satunya dengan mengajak masyarakat mencintai produk lokal.

Salah satunya adalah dengan ajakan berbelanja kebutuhan sehari-hari dari para pelaku usaha kecil menengah (UKM), ultramikro dan harus membeli produk-produk Indonesia.

Sebagaimana dikatakan dalam dalam Peresmian Pembukaan Rakornas Kementerian Perdagangan Tahun 2021 hari Kamis, 4 Maret 2021 bahwa Jokowi menekankan bahwa Kementerian Perdagangan (Kemendag) harus memprioritaskan produk lokal.

Jokowi menegaskan Kemendag harus memiliki kebijakan dan strategi untuk bisa mengembangkan pasar produk lokal.

Dalam kondisi seperti ini, Jokowi menegaskan bahwa kita harus bisa saling bertumpu pada kekuatan sendiri, dan mampu menyelesaikan masalah dan tantangan kita sendiri. Karena sesungguhnya kita sendirilah yang bisa menyelesaikan permasalahan yang tengah dialami.

Hal ini pun didukung oleh Menteri perdagangan yang mengatakan bahwa “Di tengah pandemi, UMKM diharapkan berperan sebagai penopang ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat"

Untuk mewujudkan ini, salah satu yang bisa kita lakukan adalah mendukung program ‘bangga buatan Indonesia’

Presiden Jokowi Ingin produk-produk Indonesia melekat di benak masyarakat, agar tertanam rasa lebih mencintai dan bangga produk Indonesia.

Alasan Mengapa Kita Harus Mencintai Produk Lokal

Jokowi menyerukan imbauan ini bukan tanpa alasan, Presiden dan Kementerian perdagangan menemukan data dan fakta bahwa ada praktik kecurangan dalam bisnis perdagangan digital yang lambat laun bisa menjatuhkan UMKM.

Menindaklanjuti hal ini, Presiden Jokowi memberikan penegasan mengenai perdagangan digital yang harus dilakukan secara adil. Jangan sampai bangsa sendiri menjadi korban dari raksasa digital global. Perdagangan digital menurutnya juga harus mendorong pengembangan UMKM. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x