Mohon tunggu...
Eko Avianto
Eko Avianto Mohon Tunggu... Freelancer

Jamaah Yutubiyah | Penikmat kopi saat mentari belum terlalu tinggi

Selanjutnya

Tutup

Balap

Yamaha Akan Lakukan Tes Puwarupa YZR-M1 2020 di Brno

12 Juli 2019   12:14 Diperbarui: 12 Juli 2019   12:17 0 0 0 Mohon Tunggu...
Yamaha Akan Lakukan Tes Puwarupa YZR-M1 2020 di Brno
Dua pebalap tim Monster Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi saat menjalani sesi latihan bebas seri Sachsendring Jerman. Foto: motogp.com

Paruh musim MotoGp 2019 baru saja usai digelar di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Dalam sembilan seri yang sudah berlangsung performa Yamaha bisa dibilang naik turun dibandingkan dengan tim pabrikan lain seperti Repsol Honda, Mission Now Ducati bahkan dengan Zusuki Ecstar. Papan klasemen pebalap menunjukkan hal ini. Yamaha hanya bisa menempatkan Maverick Vinales di urutan ke-lima dengan raihan 85 poin. Lebih baik dari Valentino Rossi yang berada satu tingkat di bawahnya dengan selisih 5 poin.

Prestasi terbaik tim Monster Yamaha adalah memenangi seri ke-8 di sirkuit Assen, Belanda. Maverick Vinales menjadi yang tercepat dan bisa bersaing dengan Marc Marquez dari Repsol Honda sepanjang balapan. Tak lupa juga ada Fabio Quartararo dari SepangRacing Team yang merupakan tim satelit Yamaha di urutan ketiga.

Catatan positif tersebut tentu menjadi kabar gembira bagi pendukung tim Monster Yamaha. Selain itu, seperti dilansir dari laman resmi MotoGP, Yamaha akan melakukan tes motor YZR-M1 (Prototype/ purwarupa) di Brno, Ceko. Manajer Tim Monster Yamaha, Massimo Meregalli memberikan pengakuan bahwa ini adalah sebuah pertanda baik karena dalam dua musim terakhir baik Vinales dan Rossi tidak bisa melakukan tes motor yang akan digunakan tahun depan hingga akhir musim.

"Arah pengembangan motor yang diambil sudah menuju arah yang tepat," kata Meregalli dalam wawancara bersama reporter MotoGP Amy Dargan dan Matt Birt di Sachsenring. "Untuk meningkatkan kelincahan motor, kami harus mengorbankan tenaga. Itulah harga yang harus kita bayar saat ini, terutama di trek dengan karakter cepat. Tapi kami masih punya banyak pekerjaan. Sekarang kami fokus pada peningkatan akselerasi karena kami ingin meminimalkan perbedaan (dengan pabrikan lain) pada saat kecepatan penuh."

"Kami tetap bekerja and meskipun tahun lalu kami tidak bisa menunjukkannya kecuali pada 5 seri terakhir musim lalu, kami tidak pernah berhenti. Kami selalu kerja, kerja, kerja. Sekarang saya bisa melihat, baru tahun ini, ada perubahan saat di Jepang. Fakta bahwa di Brno dan Misano kami bisa melakukan tes motor baru, itu merupakan pertanda baik. Pertama-tama, kedua pebalap akan memulai tes berbasis motor yang akan digunakan tahun depan. Ini pertanda bagus karena dalam dua tahun terakhir kami tidak bisa melakukan hal tersebut."

Tes resmi Brno akan dilangsungkan pada hari Senin, 5 Agustus 2019 setelah balapan seri ke-10 MotoGP.

Sumber: motogp.com

KONTEN MENARIK LAINNYA
x