Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Penulis - Hidup Indah dengan Menulis dan Berbagi

Penulis Sejarah, Budaya, motivasi dan sastra. Pegiat Kampung Sejarah dan Kampung Nila Slilir. Pegiat Sejarah dari Museum Reenactor Ngalam di Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Inovator Muda di Balik Inovasi Masker Anti Covid

9 Agustus 2021   14:53 Diperbarui: 9 Agustus 2021   15:46 87 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inovator Muda di Balik Inovasi Masker Anti Covid
Inovator mac21

Inilah para inovator muda, mereka adalah Y Caesario Firmansyah bersama ketiga rekannya, Aqsha Zaki Widyatma, Fatimah Fitri Khoiriyah, dan Imago Lavelia Dei. Merekalah para penggagas masker anti covid. Inovasi ini akan diikutsertakan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXXIV Oktober mendatang. Mereka adalah para mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yang telah berhasil meraih dana riset dari Kementrian Pendidikan dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta.

apa sih masker anti covid itu? Berikut ulasannya Mengenai inovasi masker anti COVID-19 berbasis Nanopartikel Silika Aerogel dan Grafena.


‌Dengan menerapkan teknologi membran komposit, MAC21 berbahan kain katun dengan lapisan film superhidrofobik berbasis silika yang dapat mengatur kelembaban dan rejeksi partikel hidrofil (pelapis luar sifatnya sangat hidrofobik) hingga 99%.

‌“Sehingga dapat menghalangi komponen asing yang mempunyai sifat hidrofilik layaknya droplet pernapasan dari luar yang dapat mengandung virus COVID-19,”kata salah satu perwakilan tim Yoga Caesario Firmansyah.

‌Yoga menambahkan, masker MAC21 juga dilengkapi dengan material filter berupa grafena di lapisan bagian dalam, yang merupakan nanopartikel berbasis karbon yang terbukti paling efektif dalam adsorpsi udara pengotor dan partikulat berbahaya lainnya.

‌Selain itu, MAC21 tersusun atas bahan utama berupa cotton lembut berpori sehingga mudah dilewati udara yang merupakan standar pembuat masker yang telah teruji secara klinis sebelumnya.

‌“Masker yang diciptakan diharapkan bisa diminati banyak warga, dijual dengan harga terjangkau,  tidak memiliki efek samping, serta memiliki efektifitas pencegahan yang tinggi terhadap virus,”kata Yoga menambahkan.

Keren bukan inovasi mereka? Semoga mereka berhasil memperoleh penghargaan tertinggi, sehingga inovasi ini menjadi sumbangsih nyata para muda dalam rangka menuntaskan pandemi covid 19 di bumi Pertiwi.

Selamat berjuang sahabat Muda


Malang, 9 Agustus 2021

oleh Eko Irawan


Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan