Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Hidup Indah dengan Menulis dan Berbagi

Penulis Sejarah, Budaya, motivasi dan sastra. Pegiat Kampung Sejarah dan Kampung Nila Slilir. Pegiat Sejarah dari Museum Reenactor Ngalam di Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Inspirasi dari Kampung Nila Slilir

7 Juni 2021   21:22 Diperbarui: 7 Juni 2021   21:27 82 4 0 Mohon Tunggu...

Inspirasi start up bisnis dari Kampung Nila Slilir, kelurahan Bakalan Krajan Kota Malang merupakan inovasi unik dari para muda Kelurahan Bakalan Krajan kota Malang.

Si ikan Nila, atau sistem intensif budidaya nila bioflok adalah sebuah inovasi pemberdayaan ekonomi kreatif dan ekonomi prodoktif yang digagas dan dikembangan oleh masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat dengan tujuan menjadikan Kelurahan Bakalan Krajan sebagai sentra utama budidaya ikan nila di kota malang.

Si ikan nila adalah pemberdayaan masyarakat berbasis kewilayahan dan keswadayaan murni masyarakat dengan menonjolkan tekhnologi budidaya nila dengan bioflok. 

Jika bioflok dikenal untuk lele, maka inilah yang pertama sebagai inovasi berbasis pemberdayaan masyarakat. Di tingkat kota malang, inovasi ini masuk tiga besar kompetisi Kovablik 2021 dan ditingkat nasional, inovasi Si Ikan nila masuk dalam 99 inovasi nasional gelaran sinovik 2021 yang diadakan kepmenpan RB. 

Sebuah prestasi dan penghargaan bahwa inovasi kampung bisa jadi inspirasi pemberdayaan masyarakat yang terbukti nyata memberikan kontribusi pada masyarakat. Semoga inovasi Si Ikan nila ini menginspirasi kebangkitan ekonomi masyarakat berbasis kampung.

 

Malang, 7 Juni 2021

Oleh Eko Irawan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x