Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Hidup itu berarti saat Mau belajar, Membaca dan Menulis

PNS, Pegiat sejarah dari Komunitas Reenactor Ngalam, Penggelola Musium Reenactor Ngalam dan Penulis Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar Mencintai Tanah Air ala "Reenactor"

26 Juli 2019   10:28 Diperbarui: 26 Juli 2019   10:55 0 0 0 Mohon Tunggu...
Belajar Mencintai Tanah Air ala "Reenactor"
dokpri reenactor

Mencintai Tanah air ditanamkan melalui pendidikan di sekolah, khususnya melalui kegiatan Upacara Bendera memperingati Hari hari besar Nasional. Bagaimana Cara Reenactor mencintai Tanah air, artikel berikut membahas tema mencintai tanah air ala Reenactor. Semoga menginspirasi

Mengenal Reenactor

Reenactor adalah sebuah metode Pembelajaran sejarah yang dikembangkan para pegiat sejarah agar belajar sejarah menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Sebagai metode, Reenactor baru dikenal di dunia komunitas dan belum merambah dunia pendidikan. Reenactor adalah para pemain atau pelaku dari sebuah kegiatan yang disebut historical Reenactment. 

Kata Reenactment sendiri artinya reka ulang atau menghidupkan kembali suatu suasana dimasa lalu, khususnya peristiwa yang tercatat secara otentik dalam sejarah, agar para reenactor sendiri dan pemirsa dari kegiatan Reenactor belajar mengenal sejarah bangsanya sendiri, dengan output menumbuhkan cinta tanah air, bangga berbangsa Indonesia dan memiliki jiwa patriotisme.

Fokus reenactor tergantung pada fokus komunitas masing masing, untuk Reenactor Ngalam memang fokus pada sejarah Perang Kemerdekaan Indonesia, khususnya sejarah seputar Malang Raya. Sejarah Perang Kemerdekaan Yang direka ulang oleh Reenactor bisa menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air. 

Peristiwa seperti Drama teatikal 10 November adalah fakta sejarah dimana bangsa ini bersatu bahu membahu mengusir penjajah dari bumi Indonesia yang baru merdeka. inilah materi yang bisa menumbuhkan patriotisme bagi generasi muda.

Belajar Sejarah ala Reenactor

Bagaimana sebenarnya belajar sejarah ala reenactor? Dalam Reenactor  belajar sejarah tidak dirancang secara konvensional. tidak harus dikelas dan tidak harus menghafal teks book yang tebal. 

Belajar sambil ngopi adalah metode komunitas agar makna pembelajaran lebih mengena dan terus diingat. Basis Reenactor sebenarnya hobby. Berangkat dari hobby, maka timbulah kecintaan. 

Maka tidaklah aneh jika reenactor bisa belajar ditengah hutan atau diteras gedung heritage berstatus cagar budaya. Foto, film dan drama teatrikal adalah output dari pembelajaran Reenactor. Berikut salah satu kegiatan reenactor yang dilakukan oleh teman teman reenactor se Indonesia. Monggo disimak di video berikut


Dengan mengikuti acara drama teatrikal seperti ini, mau tidak mau harus belajar menyesuaikan diri dengan fakta sejarah dari peristiwa yang direka ulang. Misal di video pertama. Drama Pejuang Indonesia melawan tentara Inggris. Mau tidak mau harus belajar seputar sejarah 10 November 1945. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x