Eko Irawan
Eko Irawan Reenactor : my life is historical Reenactment

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

ICD 2018, "Sinau Sejarah bareng Reenactor"

6 Agustus 2018   15:19 Diperbarui: 6 Agustus 2018   15:25 247 0 0
ICD 2018, "Sinau Sejarah bareng Reenactor"
dokpri

Reenactor Ngalam Minggu, 5 Agustus 2018 mendapat apresiasi dari Kompasiana dalam Acara Indonesia Community Day Malang 2018 yang di Taman Krida Budaya Malang. Dalam Kesempatan tersebut, Reenactor Ngalam dipercaya mengisi workshop Reka Ulang Sejarah cara Reenactor. Bagi Yang tidak bisa Hadir, berikut materi yang Kami Bahas Kemarin. Mudah mudahan bermanfaat bagi pembaca Sekalian

Apa Sih Reenactor

Bagi Kalangan Awam, mendengar Kata Reenactor masih sangat asing dan bertanya tanya apa itu Reenactor. Kenapa berpakaian ala militer Jaman dahulu, Kenapa membawa peralatan replika atau dummy dan kenapa membicarakan sejarah. Bicara sejarah bagi anak muda pasti berpikir membaca teks book yang tebal dan menghafalkan nama dan kejadian pada jaman dahulu.

Reenactor adalah kegiatan dan metode belajar sejarah dengan cara reka ulang. Reenctor adalah pelaku dari kegiatan historical Reenactment. Pembahasan Reenactor bisa dibaca diklik disini..

Apa Kegiatan Reenactor?

Reenactor bukan sekumpulan orang untuk kepentingan Karnaval Hari Kemerdekaan doang lho.. Reenactor adalah kegiatan hobby para pemerhati sejarah yang kemudian berkumpul dalam wadah komunitas. Salah satu kegiatannya adalah diskusi sejarah. Dalam diskusi tersebut dikaji dari bukti bukti otentik kesejarahan yang ada. Yaitu Foto, Video, buku dan dari  wawancara dengan nara sumber pelaku sejarah. Dari Diskusi tersebut dibuatlah Foto foto dan film pendek hasil Reenactment.

Selain Foto dan hasil video, kegiatan Reenactor juga diwujudkan dalam Teatrikal. Perkembangan Reenactor selanjutnya  adalah reenactment dari kehidupan sesuai sejarah yang di dalami. Reenactor tidak mempelajari peperangan melulu lho... tapi juga kehidupan manusia pada masa tersebut. Dengan Reka Ulang tersebut bisa memperoleh pembelajaran dan mengambil nilai nilai positif. 

Sejarah Apa Yang di Bahas oleh Reenactor?

Tidak semua sejarah di reka ulang oleh para Reenactor. Prinsipnya, No political Isue, tidak berpolitik dan tidak berafiliasi dengan kepentingan politik manapun. Reenactor juga tetap memperhatikan aturan hukum yang berlaku di tingkat nasional maupun internasional. 

Jika sebuah aktribut masuk dalam Kategori dilarang oleh peraturan perundangan yang berlaku secara nasional dan atau ada konfensi internasional mengenai larangan aktribut tertentu, maka reenactor akan mematuhinya. kita komunitas hobby, bukan komunitas politik. Kita cinta damai, tidak senang berpolemik untuk hal dan tujuan yang sifatnya hanya politik semata.

Reenactor Ngalam Fokus pada sejarah 1945 s/d 1949 serta sejarah WW2 atau Perang Dunia ke-2. Disinilah Reenactor bisa berperan menumbuhkan semangat patriotisme generasi muda melalui kegiatan yang dilakukannya. untuk mewujudkannya Reenactor Ngalam akan segera melaunching musium Reenactor Ngalam pada bulan September Mendatang. Dengan merintis musium, Reenactor bisa memberikan sumbangsih kepada pendidikan sejarah kepada generasi muda yang mengunjungi musium kami.

Demikian semoga teman teman yang belum tahu reenactor memperoleh pencerahan. Terima Kasih