Mohon tunggu...
Eko N Thomas Marbun
Eko N Thomas Marbun Mohon Tunggu... Penulis suka-suka

Penulis suka-suka. Lahir di Tanah Toba, merantau ke Jogja lalu stuck di Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengenal Tom King, Penjaga Gawang Pencetak Rekor Dunia

22 Januari 2021   12:02 Diperbarui: 22 Januari 2021   12:31 182 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Tom King, Penjaga Gawang Pencetak Rekor Dunia
sumber: bbc.co.uk

Sepak bola kadang kala melahirkan nama-nama asing tidak dikenal  tiba-tiba melejit bagai meteor. Namanya lalu tercatat dalam sejarah yang akan diingat sepanjang masa. Uniknya, sejarah itu  lahir dari nama yang tidak terkenal dengan skill pas-pasan atau bermain di liga kasta rendah atau negara entah-berantah. Sekali seumur hidup lalu dikenal selamanya.

Saya tidak bisa memilih kata lain selain kata "beruntung" untuk mereka yang didukung momentum dan alam untuk menjadi segelintir orang yang akan diingat selamanya. Namun, tidak cukup hanya keberutungan! Bagusnya mereka memang berusaha menjadi pemain semi profesional atau profesional. Mungkin soal bakat dan nasib saja sehingga mereka tidak menjadi pemain bintang atau bermain di kasta tertinggi sepak bola. Mereka bukan orang yang diam lalu Tuhan bekerja sendirian. Itu pelajaran penting yang bisa diambil.

Siapa yang mengenal Tom King, pria berkewarganegaraan Wales dengan tinggi badan 185 cm, kelahiran Plymouth tanggal 9 Maret 1995 ? Orang pasti lebih familiar dengan Tom King si penulis komik 'Batman' yang mantan pegawai CIA.

Tom King yang satu ini adalah seorang pejaga gawang yang akan diingat karena mencetak gol terjauh yang pernah terjadi dalam sejarah sepak bola profesional pada hari Selasa tanggal 20 Januari 2021 (kemarin). Dia memecahkan rekor gol dari jarak 96,01 meter dan masuk dalam rekor dunia Guinness World Record. Gol tercipta lewat tendangan gawang (Goal Kick) pada menit ke-12 saat Newport County bertemu Cheltenham di Cheltenham Town dalam pertandingan League Two. Jarak tersebut lebih jauh dari gol yang dibuat Asmir Begovic dari jarak 91,9 meter ketika mencetak gol ke gawang Southampton untuk Stoke City pada November 2013. Rekor yang sudah bertahan selama 8 Tahun!

Namun ada yang manarik dari attitude, dia menolak melakukan selebrasi untuk gol yang dicetaknya karena menghormati penjaga gawang Cheltenham, padahal itu adalah gol pertama yang dia cetak sebagai seorang professional. Fair Play memang harus di atas segalanya dalam sepak bola.

Tom King sendiri bukan pemain terkenal. Dia adalah penjaga gawang Newport County, klub sepak bola yang bermain di League Two, Liga kasta keempat dalam sistem sepak bola liga inggris. Dalam transfermarkt.com, nilai pasar Tom King hanya sekitar 100ribuan Euro. Nilai yang kalau dirinci berdasarkan nilai pasar pemain sepak bola profesional maka dia berada di posisi 49.675 dari seluruh pesepakbola, posisi 3.918 dari seluruh penjaga gawang, dan posisi 3.582 dari seluruh pesepakbola kelahiran tahun 1995. Bahkan di League Two, dia hanya berada di posisi 202 dari semua pesepakbola. Sementara di Newport County, dia berada di posisi ke-7! Nilai pasar Nadeo Argawinata penjaga gawang Bali United dan Timnas Indonesia bahkan dua kali dari nilai pasar Tom King.

Apakah Tom King akan berkembang? Peluang itu selalu saja ada. Ada contoh pemain dari yang awalnya bukan siapa-siapa tapi berkembang menjadi bintang. Jamie Vardy pada usia 24 Tahun masih bermain di FC Halifax Town (Musim 2011-2012), Klub yang bermain di National League kasta kelima Liga Inggris. Tapi, sekarang siapa yang tidak mengenal Vardy? Juara Liga Inggris bersama Leicester City dan menjadi penyerang Tim Nasional Inggris. Apa pun kelak yang terjadi padanya, satu hal yang pasti dia sudah tercatat di Guinness World Record! Conratulation, King.

VIDEO PILIHAN