Mohon tunggu...
Eka Wahyuniarti
Eka Wahyuniarti Mohon Tunggu... Lainnya - Bismillah

Muslimah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Quality Time Bersama Keluarga Selama Pandemi Covid-19

9 Juli 2020   23:36 Diperbarui: 9 Juli 2020   23:30 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum sebelumnya perkenalkan saya Eka Wahyuniarti, Saya berasal dari Provinsi Jambi tepatnya di Kabupaten Bungo Kecamatan Pelepat Ilir. 

Saya menempuh pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Tetapi selama pandemi Covid-19 ini saya pulang kampung, karena kampus saya menjalankan kuliah daring/online. 

Saya berada di rumah kurang lebih sudah hampir 4 bulan. Jenuh? Tentu saja. Apalagi saya terbiasa main di Jogja hehe. Tetapi karena adanya pandemi ini saya dan keluarga jadi bisa berkumpul, saling bertukar cerita, bercanda tawa, pokoknya momen yang susah banget kita dapatkan di hari-hari biasanya. Saya juga jadi lebih hobi masak makanan yang aneh-aneh dan jadi lebih ada menu baru setiap harinya.

Kita harus tetap mematuhi peraturan pemerintah untuk Tetap Dirumah Saja. Jadi untuk ibu dan ayah juga tidak memperbolehkan kami anak-anaknya untuk main dan berkumpul diluar rumah. 

Ada dampak positif dan negatifnya. Tapi menurut saya pribadi lebih banyak negatifnya. Karena perekonomian menjadi tidak stabil, pengeluaran dan pemasukan tidak seimbang. Lebih banyak pengeluaran dibandingkan pemasukan. Apalagi orang tua saya hanya seorang petani sawit dan wiraswasta. Usahanya pun sedikit terbengkalai karena pandemi ini. Jadi kita hanya mengandalkan dari sawit. Sawit dipanen hanya setiap 2 minghu sekali. Jadi kita harus bener-bener pintar mengatur pengeluaran.

Saya berharap pandemi ini segera berakhir. Dan saya berharap kepada orang-orang yang masih pada ngeyel untuk Tetap Dirumah Saya ayolah sama-sama kita bekerjasama, bersatu untuk mematuhi protokol kesehatan. Agar semua ini segera berakhir, agar semua ini segera normal seperti semula.

Jangan saling menyalahkan, kita sudah berusaha semaksimal mungkin. Semua orang berusaha, jadi jangan saling menyalahkan. Tetaplah Dirumah Saja dan patuhi protokol kesehatan. Saya yakin kita semua bisa jika kita mau bekerjasama.

Jika memang diharuskan keluar rumah karena kepentingan, gunakanlah masker dan selalu bawa hand sanitizer. Dan tetap jaga social distancing, jaga jarak aman, jangan berkrumun, jangan berdesakan, dan jangan memegang apapun itu yang tidak perlu di pegang.

Kita pasti bisa melawan pandemi ini. Kita semua pasti bisa.

Sekian terima kasih

Wasalamu'alaikum

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun